Pengembangan dan Pemanfaatan Tanaman Obat Indonesia menjadi Produk Fitofarmaka dengan Teknologi Fitosom untuk Terapi Tuberculosis

Idha Kusumawati, - and Mulja Hadi Santosa, - and Kosasih, - and M Januwati, - and Helmy Yusuf, - (2009) Pengembangan dan Pemanfaatan Tanaman Obat Indonesia menjadi Produk Fitofarmaka dengan Teknologi Fitosom untuk Terapi Tuberculosis. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.214-10 Pen.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pengembangan dan pemanfaatan obat bahan alam Indonesia merupakan suatu rangkaian proses yang panjang secara bersama-sama mulai hulu sampai ke hilir dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Center for Phytopharmaceutical Development (CPPD), suatu pusat studi pengembangan obat fitofarmaka dari tanaman obat Indonesia yang merupakan suatu pusat riset hasil dari Implementasi Program Hibah Kompetisi B (PHK-B) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, bekerjasama dengan berbagai instansi terkait dan industry obat yang merupakan Mitra. (stakeholder) untuk pengembangan obat fitofarmaka dari hulu ke hilir berbasis teknologi. Dimulai dengan penelitian di tingkat akademisi, CPPD bersama-sama dengan Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga dan RSUD Dr. Soetomo serta Balai Besar Laboratorium Kesehatan Daerah, Surabaya, mengenai peningkatan potensi suatu obat berbal yang selama ini digunakan secara empiris menjadi suatu obat fitofarmaka yang telah terbukti kualitasnya sehingga dapat menjamin keamanan dan khasiat penggunaannya. Kemudian bersama-sama dengan Industri obat, PT. Indofarma melakukan scale-up sehingga potensi obat fitofarmaka ini dapat diproduksi dan digunakan dalam pelayanan kesehatan pada masyarakat Di samping itu untuk mencegah eksploitasi sumber daya alam Indonesia, bersama dengan BALITRO, Departemen Pertanian, melakukan pengembangan budidaya obat herbal yang terstandard yang nantinya dapat dijadikan suatu komoditi pertanian pilihan bagi masyarakat petani.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.214-10 Pen
Uncontrolled Keywords: Tanaman Obat, Fitofarmaka, Teknologi Fitosom, Tuberculosis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM
Idha Kusumawati, --
Mulja Hadi Santosa, --
Kosasih, --
M Januwati, --
Helmy Yusuf, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:34
Last Modified: 19 Apr 2022 07:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115593
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item