Formulasi Vaksin Dengan Ovalbumin Sebagai Model Antigen Menggunakan Teknologi Liposum Kering Dalam Bentuk Sediaan Tablet Sublingual

Helmy Yusuf, - (2018) Formulasi Vaksin Dengan Ovalbumin Sebagai Model Antigen Menggunakan Teknologi Liposum Kering Dalam Bentuk Sediaan Tablet Sublingual. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text
2022_03_15_13_22_46.pdf

Download (305kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Vaksin cair sangat tidak stabil terhadap suhu tinggi dan membutuhkan fasilitas penyimpanan yang sangat mahal. Selain itu, vaksin cair umumnya diberikan secara intramuskular menggunakan jarum suntik. Penggunaan sistem liposom kering memiliki banyak keuntungan yang bisa diperoleh.Pertama, stabilitas terhadap suntik jauh lebih baik sehingga tidak membutuhkan kontainer penyimpanan yang mahal. Kemudian, pemberian vaksin kering tidak perlu jarum suntik sehingga dapat menghindari resiko penularan penyakit, baik bagi pasien, tenaga kesehatan dan juga masyarakat secara umum. Berdasarkan keterbatasan-keterbatasan sediaan vaksin dalam bentuk cair seperti yang telah disebutkan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk membuat formula baru vaksin kering menggunakan liposom sebagai sistem adjuvant/penghantar vaksin dengan ovalbumin sebagai model anti gen. Kemudian dilakukan karakterisasi fisika-kimia terhadap liposom ovalbumin sebagai sistem adjuvant vaksin, dan mengembangkan formulasi liposum sebagai sistem penghantaran anti gen menjadi sediaan tablet vaks in sublingual. Target tahun kedua adalah mengkarakterisasi skema in vitro dan/atau ill vivo, sediaan vaksin sublingual yang telah dibuat.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 109/19 Yus f
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Ilmu Kefarmasian
Creators:
CreatorsNIM
Helmy Yusuf, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
AuthorML Ardhani DL, -UNSPECIFIED
AuthorMuh Agus Syamsur Rizal, -UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:26
Last Modified: 20 Apr 2022 01:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115605
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item