Produksi Dan Karakterisasi Antibodi Poliklonal Sebagai Bahan Pendeteksi Ekspresi Protein S Dari Virus Infectious Bronchitis Isolasi Lokal

Chairul A. Nidom, - and Mufasirin, - and Kadek Rachmawati, - (2002) Produksi Dan Karakterisasi Antibodi Poliklonal Sebagai Bahan Pendeteksi Ekspresi Protein S Dari Virus Infectious Bronchitis Isolasi Lokal. Laporan Penelitian. FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKC 636.089 692 5 Nid P.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penyakit Infectious Bronchitis merupakan penyakit yang sangat menular dapat menimbulkan kerugian besar bagi peternakan ayam petelur maupun pedaging. Penyakit ini menimbulkan gangguan pernafasan dan gangguan ginjal. Penyakit ini disebabkan oleh virus lnfectious Bronchitis, yaitu virus RNA yang mempunyai tiga macam regio gen yaitu regio gen M, E dan S. Pencegahan penyakit Infectious Bronchitis ini dengan vaksinasi baik vaksin inaktif maupun vaksin aktif. Penggunaan vaksin aktif , secara tidak langsung dapat menimbulkan varian baru di lapangan. Hal ini disebabkan oleh adanya mutasi asam amino dari protein gen S (spike). Akibatnya vaksinasi berikutnya menjadi tidak efektif lagi. Untuk itu perlu dilakukan penelitian virus lnfectious Bronchitis di lapangan dengan pendekatan biologi molekuler , khususnya mutasi asam amino pada gen S. Salah satu bahan yang diperlukan untuk penelitian molekuler virus Infectious Bronchitis tersebut adalah antibodi poliklonal, baik dari virus lnfectious Bronchitis isolasi Lokal (belum diketahui serotipenya) dan virus Infectious Bronchitis yang ah diidentifikasi serotipenya (stok laboratorium). Sebanyak empat ekor kelinci disuntik dengan protein Virus Infectious bronchitis, setelah dua minggu dilakukan penyuntikan booster yang dicampur gan ajuvan komplit. Selang dua minggu berikutnya dilakukan penyuntikan boster dengan menggunakan ajuvan tidak komplit. Sedangkan penyuntikan boster ke tiga dilakukan dengan cara penyuntikan selama lima hari berturut- turut Kemudian diuji dengan metode ELISA dan setelah itu dilakukan permanenan antibodi poliklonal.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK 636.089.692 5 Nid P
Uncontrolled Keywords: Antibodi Poliklonal, Pendeteksi Ekspresi Protein S, Virus Infectious Bronchitis, Isolasi Lokal
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Chairul A. Nidom, -0008035803
Mufasirin, -NIDN0011076705
Kadek Rachmawati, -NIDN0025076801
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:56
Last Modified: 21 Apr 2022 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115639
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item