Uji Efektivitas In Vitro (Penetrasi) Piroksikani dan Karakteristik Fisikokimia Sediam Piroksikam 0,5% dalam Basis Gel HPC dengan Penambahan Berbagai Macam Enhancher

Tutiek Purwanti, - and Esti Hendradi, - (2007) Uji Efektivitas In Vitro (Penetrasi) Piroksikani dan Karakteristik Fisikokimia Sediam Piroksikam 0,5% dalam Basis Gel HPC dengan Penambahan Berbagai Macam Enhancher. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.11-11 Pur u.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Telah diteliti pengaruh beberapa enhancher terhadap penetrasi piroksikam dalam basis gel HPC. Digunakan beberapa enhancher yaitu propilenglikol, etanol, asam oleat dan tween 80, dengan konsentrasi 15%; 17,5%; 20% untuk propilengli kol, 5%; 7,5%; 10% untuk etanol, 0,5%; 1,0%; 1,5% untuk asam oleat dan 0,5%; 1,0%; 1,5% untuk tween 80. Sebagai basis gel digunakan HPC dengan konsentrasi 2% dan sebagai bahan aktif digunakan piroksikam dengan konsentrasi 0,5%. Pengujian terhadap sediaan meliputi pemeriksaan organoleptis (warna, bau, konsistensi), pH sediaan , daya sebar dan uji penetrasi dengan menentukan harga fluks dan permeabilitas.Uji penetrasi dilakukan menggunakan sel difusi dengan media larutan dapar fosfat pH 1,2 ± 0,05 pada suhu 37 ± 0,5°C serta membran Millipore yang diimpregnasi dengan isopropyl miristat. Data data yang diperoleh dari hasil pemeriksaan dan perhitungan dianalisa dengan statistik anova one way yang dilanjutkan dengan pengujian nilai HSD. Hasil identifikasi bahap penelitian, secara keseluruhan telah menunjukkan kesesuaian.dengan sertifikat analisis maupun spesifikgsi dalam pustaka. Penambahan propilenglikol 15%; 17,5%; 20% pada sediaan tidak berpengaruh terhadap harga pH dan daya sebar sediaan. Penambahan propilenglikol meningkatkan harga fluks piroksikam dan permeabilitas membran. Keadaan optimal dicapai pada konsentrasi propilenglikol 17,5%, yaitu fluks meningkat 38% dan permeabilitas meningkat 36%. Sedangkan pada konsentrasi 20% terjadi penurunan sehingga tidak berbeda dengan kontrol.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.11-11 Pur u
Uncontrolled Keywords: In Vitro, Fisikokimia Sediam Piroksikam, Enhancer
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > S1 Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Tutiek Purwanti, --
Esti Hendradi, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:39
Last Modified: 20 Apr 2022 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115650
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item