Pengembangan Metode HPLC Untuk Analisis Residu Dan Studi Degradasi Antibiotika Golongan Nitrfuran Dan Tetrasiklin Dalam Undangan

Muhammad Yuwono (2007) Pengembangan Metode HPLC Untuk Analisis Residu Dan Studi Degradasi Antibiotika Golongan Nitrfuran Dan Tetrasiklin Dalam Undangan. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Fulltext)
2022_03_28_11_53_09.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada saat ini, penggunaan antibiotika di bidang peternakan sudah demikian luas, yang dimaksudkan untuk tindakan pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau mikroorganisme lain. Penggunaan antibiotika tersebut pabila terus—menerus dan tidak( tepat ternyata dapat meninggalkan residu yang dapat mengakibatkan perubahan ekologis pada flora normal konsumen sehingga menjadi esisten. Residu antibiotika dalam udang juga dapat menghambat pengembangan komoditi. Oleh karena itu, untuk menjamin kesehatan konsumen dan meningkatkan kualitas udang, maka perlu dilakukan monitoring residu antibiotika pada udang khususnya udang ekspor, yang dalam hal ini diperlukan suatu metode analisis yang sensitif, akurat, cermat dan spesifik. Persyaratan bahwa maksimum residu antibiotika golongan nitrofuran dan golongan tetrasiklin yang diperbolehkan terkandung di dalam udang adalah 1 ppb. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan dan validasi metode analisis HPLC untuk deteksi residu antibiotika golongan nitrofuran di dalam udang secara simultan baik dalam bentuk senyawa induk maupun senyawa metabolitnya. Selain itu, pengembangan dan validasi metode ditujukan untuk deteksi residu antibiotika golongan tetrasiklin secara semultan di dalam sampel udang.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KKC LP. 53/10 Yuw p
Uncontrolled Keywords: Metode HPLC, Antibiotika,Residu, Degradasi, Nitrfuran , Tetrasiklin
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Kimia Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad YuwonoNIDN0005056003
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:30
Last Modified: 04 Jul 2022 13:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115671
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item