Pelayaran Masyarakat Wakatobi Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara 1960-1987

La Ode Rabani, - (2006) Pelayaran Masyarakat Wakatobi Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara 1960-1987. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (fulltext)
KKP LP.35-08 RAB P.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini secara ringkas ingin menelusuri jaringan pelayaran masyarakat Wakatobi beserta dampak yang ditimbulkan oleh hasil dari pelayaran itu bagi keluarga, masyarakat dan wilayah Wakatobi secara fisik. Adapun inti masalah yang dijawab penelitian ini adalah pertama, mengapa masyarakat Wakatobi melakukan pelayaran antarpulau. Kedua, Bagaimana pelayaran itu dilakukan dan daerah mana saja yang menjadi tujuan mereka. Ketiga apa dampak dari aktivitas pelayaran itu bagi masyarakat, ekonomi keluarga, dan perkembangan wilayah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memberikan informasi mengenai aktivitas pelayaran masyarakat yang selama ini terabaikan dalam penelitian para ahli yakni masyarakat Wakatobi yang ternyata menjadi bagian penting dari proses sejarah masyarakat Indonesia. Penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan penting bagi studi sejarah pulau-pulau yang masyarakatnya memperjuangkan cara hidup yang Iebih baik dan menjadi agen perubahan dari dalam dengan menciptakan sarana transportasi laut dengan cara dan teknik mereka sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang mengandalkan sumber pustaka dan wawancara. Hasil penelususran dokumen itu selanjutnya dianalisis untuk dijadikan sumber penelitian. Selanjutnya, hal-hal yang tidak ada dalam dokumen dicover dengan melakukan wawancara dengan para pelaku. Hasil dari wawancara tersebut dimaksudkan untuk menambah bobot atau kualitas penelitian.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK.2 LP 35/08 Rab p
Uncontrolled Keywords: pelayaran, wakatobi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ71-1185 History and Systems (including individual ethical philosophers)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
La Ode Rabani, -NIDN0027097306
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:22
Last Modified: 21 Apr 2022 03:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115685
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item