Genotyping Sekuens Nukleotida Gen 16S rRNA Mycobacterium tuberculosis Dari Pasien TB Paru dan Pengembangan Metode Multiplex PCR untuk Identifikasi Mycobacterium tuberculosis Dan MOTT

Ni Made Mertaniasih and Wayan Tunas Artama and Nastiti Intan Permata Sari (2018) Genotyping Sekuens Nukleotida Gen 16S rRNA Mycobacterium tuberculosis Dari Pasien TB Paru dan Pengembangan Metode Multiplex PCR untuk Identifikasi Mycobacterium tuberculosis Dan MOTT. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
KKA LP.27-19 GEN.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan kasus tuberkulosis (TB) yang termasuk dalam high burden countries, dengan insiden dan prevalensi tinggi Domar 2 setelah India. Provinsi Jawa Timur tercatat 112 kasus TB /100.000 penduduk. Penegakan diagnostis yang cepat, tepat, dan akurat diperlukan untuk penentuan pengobatan tepat, cepat, dan adekuat memutus rantai penularan merupakan langkah strategi pengendalian pcnyakit TB. Metode diagnosis molekuler dengan target gen spesifik sangat diperlukan dalam upaya penegakan diagnosis infeksi Mycobacterium tuberculosis. Gen 165 rRNA merupakan gen conserved pada berbagai strain Mycobacterium tuberculosis, studi analisis genotyping dapat menentukan regio DNA conserved dan spesifik pada MTBC yang berbeda dengan MOTT, dapat menjadi gen spesifik untuk identifikasi dan diferensiasi dalam penegakan diagnosis infeksi penyakit TB paru.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA LP.27-19 Gen
Uncontrolled Keywords: TB Paru, Mycobacterium Tuberculosis, Genotyping Sekuens Nukleotida Gen
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM
Ni Made MertaniasihNIDN0007035703
Wayan Tunas ArtamaUNSPECIFIED
Nastiti Intan Permata SariUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:35
Last Modified: 07 Nov 2022 08:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115735
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item