Pengembangan Literasi Digital (Digital Literacy) dan Literasi Kritis (Critical Literacy) Dalam Penggunaan Blog di Kalangan Mahasiswa

Rahma Sugihartati, - (2018) Pengembangan Literasi Digital (Digital Literacy) dan Literasi Kritis (Critical Literacy) Dalam Penggunaan Blog di Kalangan Mahasiswa. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text
2022_03_17_14_32_46.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi Sebagaimanadilaporkan bermaksud untuk mengkaji pengalaman pengembangan literasi digital dan literasi kritis para mahasiswa di masa mereka menempuh jenjang pendidikan SMA, bagaimana keterkaitannya dengan pola pemanfaatan informasi di dunia maya untuk kepentingan proses belajar mengajar di jenjang perguruan tinggi serta bagaimana para mahasiswa sebagai bagian dari net generation mampu membangun literasi kritis terhadap konten dan infromasi dalam blog. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena dua alasan berikut: pertama sebagaimana ditemukan dalam studi terdahulu yang dilakukan Sugihartati et al (2017) bahwa intensitas mahasiswa mengakses blog-blog cenderung makin meningkat dan bahkan ada indikasi makin pragmatis sehingga dapat mengancam integritas keilmuan di dunia perguruan tinggi. Kedua, karena belum didukung dengan literasi kritis yang memadai ditambah kemudahan para mahasiswa mengakses informasi melalui blog, bukan tidak mungkin hal itu akan berisiko menghambat peran positif perkembangan informasi di dunia maya yang memiliki muatan dan memenuhi kaidah ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 45/19 Sug p
Subjects: H Social Sciences
Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Rahma Sugihartati, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
AuthorSubagyo Adam, -UNSPECIFIED
AuthorHelmy Prasetyo, -UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:53
Last Modified: 22 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115791
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item