Radio-Terapi Pada Karsinoma Tonsil

Voltiano F.Dh, - and Sugiarto Suwito Dihardjo, - (1989) Radio-Terapi Pada Karsinoma Tonsil. Laporan Penelitian. Fakultas Kedokteran. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KK 616.994 32 Vol r.pdf

Download (5MB)

Abstract

Karsinoma tonsil merupakan karsinoma yang terdapat pada ton sila palatina, arkus anterior dan posterior atau pada fosa ton silaris, dengan perluasan atau tanpa porluasan ke palatum mole, basis lidah, mukosa bukal, trigonum retromplar atau dinding la toral faring. (7) Di negara-negara barat jumlah penderita karsinoma tsb. adalah kedua terbanyak setelah penderita-penderita keganasan la ring dari seluruh koganasan pada saluran nafas bagian atas. (5,6) Menurut penolitian di bagian THT.FKUI / RSCM. Jakarta. sola ma 5 tahun (1962-1986) tornyata tumor tonsil menduduki urutan ke 4 dard, soluruh tumor ganas dibidang THT (6), hasil tersebut sosuai dengan penolitian di bagian THT.FK UNAIR / RSUD.Or.S0E¬Tc::U. Surabaya, solama 5 tahun (1981-1985). ( 8) Karsinoma tonsil tumbuh cepat dan sobagian besar penderita mompunyai prognoso yang buruk suwaktu datang burobat. ( 3) fonurut ponulitian joorjadi K/ THT FKUI. ( 5), dan penolitian di harat (Givons tornyata sobagian bcsar penderita datang borobat pada stadium lanjut. ( 5) St.l. St.II. St. III. St. IV. joerjadi K. 0% 27,50% 41,37'4 27, 58% Givons dkk. 10/3 16,005(; 19,00% 47,00% Diporlukan nuatu ucaha yang sungguh-sungguh untuk menagakkan diagnosa penyakit tersebut sedini mungkin, karena pada stadium awal dari penyakit ini dapat dongan mudah ditanggulangi hanya dengan pembedahan atau hanya dengan penyinaran saja. ( 9) Soporti juga ponanganan tumor ganas pada daerah leher dan ke pala, maka kita juga porlu memporhatikan hal-hal sebagai berikut: ( 2 ) 1. Pengenalan sifat masing-masing jenis tumor, khususnya ca¬ra penjalarannya. 2, Jenis tumor secara histologik harus dapat ditetapkan deng an pasti. Penentuan lokalisasi tumor yang topat serta soberapa jauh ponjalarannya ( penotapan stadium klinik ). Bagaimana keadaan kesehatan rongga mulut, terutama keada¬an gigi-goligi, infoksi khronik. Kebiasaan hidup, terutama meroknk rinn MinUM alkohol.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KK 616.994 32 Vol r
Uncontrolled Keywords: Radio-Terapi, Karsinoma Tonsil
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
Voltiano F.Dh, --
Sugiarto Suwito Dihardjo, --
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Apr 2022 01:07
Last Modified: 27 Apr 2022 01:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115966
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item