Karakterisasi Produk Dan Deteksi Gen Penyandi Biosurfaktan Bakteri Acinetobacterspe P2(1) : Upaya Over Produksi Biosurfaktan Untuk Aplikasi Industri

Fatimah, - and Afaf Baktir, - and Ahmad Thontowi, - (2012) Karakterisasi Produk Dan Deteksi Gen Penyandi Biosurfaktan Bakteri Acinetobacterspe P2(1) : Upaya Over Produksi Biosurfaktan Untuk Aplikasi Industri. Laporan Penelitian. FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KARAKTERISTIK PRODUK DAN DETEKSI GEN PENYADI.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsentrasi glukosa dan waktu inkubasi yang optimum untuk produksi biosurfaktan Acinetobacter sp. P2(1), karakteristik biosurfaktan yang diproduksi oleh Acinetobacter sp. P2(1), dan untuk mengidentifikasi bakteri Acinetobacter berdasarkan sekuen 16SrDNA. Media produksi biesurfaktan berupa medium garam minimal dengan kandungan glukosa 1, 2, dan 3% serta diinkubasi dalam 1, 2, 3, dan 4 hari. Dua persen suspensi bakteri diinokulasikan pada masing-masing media dan diinkubasi dalam shaker dengan kecepatan 120 rpm pada suhu 30°C. Biosurfaktan yang dihasilkan diekstraksi menggunakan metode presipitasi dengan ammonium sulfat 60%. Karakteristik produk kasar yang diukur adalah nilai tegangan permukaan, aktivitas emulsi, nilai Critical Micelle Concentration (CMC), stabilitas biosurfaktan terhadap perubahan pH dan suhu dilakukan analisis komponen kimia secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi terbatk dicapai pada kultur dengan konsentrasi glukosa 3% dan waktu inkubasi 4 hari, rnampu menurunkan tegangan permukaan supernatan kultur sebesar 19,65 mN/m dengan aktivitas emulsi pada solar sebesar 63,12% dan 61,22% pada kerosin. Produk kasar biosurfaktan diperoleh sebesar 41,16 g/L dengan nilai CMC 9,99 g/L, stabil pada kisaran suhu 20-50°C dan pH 2-12. Produk kasar mengandung komponen kimia berupa karbohidrat, fosfat, dan 8 macam asam lemak, dengan asam palmitat (29,79%) dan asam stearat (23,49%) yang paling dominan.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: LP Fat k
Uncontrolled Keywords: Acinetobacter sp. P2(1), aktivitas emulsi, tegangan perrnukaan, karakteristik biosurfaktan
Subjects: Q Science
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Fatimah, --
Afaf Baktir, --
Ahmad Thontowi, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 10 May 2022 04:42
Last Modified: 10 May 2022 04:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116042
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item