Efek Infusa Akar Pacar Banyu (Impatiens Balsamina Unn) Pada Stadium Pembelahan Sel (Cleavage) dalam Upaya Pencarian Obat Antifertilitas

Dewa Ketut Meles and Widayat Sastrowardoyo, - (2001) Efek Infusa Akar Pacar Banyu (Impatiens Balsamina Unn) Pada Stadium Pembelahan Sel (Cleavage) dalam Upaya Pencarian Obat Antifertilitas. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
KKB 615.321 MEL E.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Infusa akar pacar banyu (Impatiens Ba/samina Linn) mengandung zat aktif Cyanidin mono glycoslda yang dapat menghambat gonadotropin dan menghambat terjadinya fertilisasi. Adanya zat aktif tersebut apakah infusa akar pacar banyu berpengaruh terhadap pembelahan sel (cleavage) pada tikus. Untuk menentukan adanya efek antifertilitas yang terjadi pada tikus akibat pemberian infusa akar pacar banyu digunakan parameter: pemeriksaan jumlah korpus luteum yang terbentuk pada ovarium, jumlah sel telur dan jumlah embrio hasil darl flushing alat kelamin. Jumlah sampel yang digunakan adalah 60 ekor tikus putih betina dan sejumlah tikus jantan dewasa yang telah memenuhi persyaratan untuk pengujian antifertilitas. Tikus dibagi menJadi 3 kelompok yaitu kelompok I untuk dilakukan pembedahan pada 24 jam setelah kawin, kelompok II untuk dllakukan pembedahan pad a 48 jam setelah kawin dan kelompok III dilakukan pembedahan pada 72 jam setelah kawin. liap -liap kelompok dibagi lag I menjadi 4. perlakuan yaHu kontrol diberi NaCI phlsiologis 0,5 ml, perlakuan I, II dan III diberi infusa akar pacar banyu 0,5 ml dengan konsentrasi berturut-turut 12,5 %, 25 % dan 50 %. Pemberian infusa setiap hari selama 10 hari (2 kali siklus birahQ. Data Jumlah korpus luteum dilakukan uJI statistik dengan Anava sedangkan jumlah sel telur, jumlah embrio dan kehilangan sel telur dan embrio menggunakan persen. Setelah dilakukan penelHlan hasilnya adalah semakin besar dosis Infusa akar pacar banyu yang dlberikan semakin menurun jumlah korpus luteum yang terbentuk pada ovarium, terjadi penurunan jumlah embrio dan terjadi peningkatan jumlah sel telur. . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa infusa akar pacar banyu (Impatiens Balsamina Linn) mempunyai efek antifertilITas pada pembelahan sel embrio tikus Untuk mengetahui batas keamanan infusa akar pacar banyu sebagai antifertilitas perlu dilakukan isolasi dan identifikasi zat aktif yang terkandung didalamnya, pengukuran kadar hormon dan toksisitasnya.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 615.321 MEL E
Uncontrolled Keywords: Infusa Akar Pacar Banyu, Impatiens Balsamina Unn, Pembelahan Sel, Cleavage, Obat Antifertilitas
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM300-666 Drugs and their actions
S Agriculture > SB Plant culture > SB1-1110 Plant culture
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Dewa Ketut MelesNIDN0013125402
Widayat Sastrowardoyo, --
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:29
Last Modified: 28 Apr 2022 08:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116109
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item