Pengaruh Variasi Suhu Dan Lama Waktu Pendinginan Umbi Tanaman Amarilis (Amaryllis vittata) Terhadap Lama Waktu Pembentukan Bunganya

Listijani Suhargo, - (1995) Pengaruh Variasi Suhu Dan Lama Waktu Pendinginan Umbi Tanaman Amarilis (Amaryllis vittata) Terhadap Lama Waktu Pembentukan Bunganya. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
kk 581 5 pem.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sehubungan dengan kesulitan mendapatkan sampel penelitian yang berupa Amaryllis ·vittata, maka sampel penelitian ini diganti dengan Amaryllis reticulata striatifolia. Tanaman Amarillis digemari orang terutama karena keindahan bunganya. Tanaman ini mempunyai nilai ekomomi yang cukup tinggi .terutama bila tanaman ini sedang berbunga. Pembungaan tanaman ini tidak mudah dan suhu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembungaannya. Masalah yang diteliti adalah apakah ada pengaruh variasi suhu dan lama waktu pendinginan umbi tanaman Amarilis terhadap lama waktu pembentukan bunganya? Penelitian ini dilakukan di rumah tanaman. Tujuan. penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi suhu dan lama waktu pendinginan umbi tanaman Amarilis terhadap lama waktu pembentukan bunganya. Sampel penelitian berupa umbi tanaman Amarilis sudah berbunga dengan berat yang sama. Umbi-umbi digunakan dipangkas daun-daunnya dan akar-akarnya, kemudian disimpan di ruang dengan suhu 28° C. 24° c. 10° C selama waktu 1 minggu, 3 minggu dan· 5 minggu. Setiap perlakuan dilakukan 6 kali ulangan. yang yang kemudan · Data yang dicatat adalah lama waktu pembentukan seludang bunga awal: (panjang 2 mm) dan lama waktu pembentukan bunga mekar pertama. Data yang ada diuji dengan uji Chi kuadrat dan untuk menguji perbedaan antar perlakuan diuji dengan uji Wilcoxon .Rank-Sum Test· For Two Groups. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan suhu 100 C selama 5 minggu· adalah yang paling baik pengaruhnya untuk mempercepat lama waktu pembentukan bunga tanaman Amarilis. Suhu 24° C juga dapat memacu pembentukan bunga tanaman Amarilis tetapi pengaruhnya kurang baik dibandingkan suhu 10° c.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Umbi Tanaman Amarilis (Amaryllis vittata)
Subjects: Q Science > QK Botany > QK1-989 Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Listijani Suhargo, --
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 10 May 2022 01:20
Last Modified: 10 May 2022 01:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116162
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item