Pengarlh Pemberian Kombinasi Asam Lemak Omega-3, Lesmn Dan Vitamin E Terhadap Bprofil Lemak Darah Tikus Dengan Diet Mengandung Telur

Setyawati Sigit, - and Retno Bijanti, - and Diah Kusumawati Rukminingtyas, - Pengarlh Pemberian Kombinasi Asam Lemak Omega-3, Lesmn Dan Vitamin E Terhadap Bprofil Lemak Darah Tikus Dengan Diet Mengandung Telur. Laporan Penelitian. FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KK 574.192 SIG P-1.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Hiperkolesterolemia merupakan faktor resiko yang penting untuk terjadinya aterosklerosis. Dalam penelitian ini ingin dilihat apakah kombinasi asam lemak omega-3 lesitin dan vitamin E dapat menurunkan lipid serum pada tikus yang diberi diet mengandung telur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa jauh pemberian berbagai dosis kombinasi asam lemak omega-3 dan lesitin serta vitamin E dapat mempengaruhi profil lemak dalam darah tikus dengan diet mengandung telur. Penelitian ini menggunakan tikus jantan Wistar dewasa yang dibagi secara acak menjadi 10 kelompok yaitu : Kelompok A : Menerima Diet Telur Kelompok B : Menerima Diet Telur, Asam Lemak Omega-3 27 Mg/Kg BB, Lesitin 9 Mg/Kg BB Dan Vitamin E 4,5 IU/Kg BB Kelompok C : Menerima Diet Telur, Asam Lemak Omegn-3 54 Mg/Kg BB, Lesitin 13 Mg/Kg BB Dan Vitamin E 9 IU/Kg BB Kelcmpok D : Menerima Diet Telur, Asam Lemak Omega-3 B1 Mg/Kg BB,Lesitin 27 Mg/Kg BB Dan Vitnmn E 13.5 IU/Kg BB Kelompok E Menerima Diet Telur, Asam Lemak Omega-3 108 Mg/Kg BB, Lesitin 36 Mg/Kg Bb Dan Vitamin E 18 IU/Kg BB Kelompok F : Tidak Menerima Telur, Asam Lemak Omega-3, Lesitin Dan Vitamin E Kelompok G : Menerima Asam Lemak Omega-3 27 Mg/Kg BB. Lesitin 9 Mg/Kg BB Dan Vitamin E 4,5 IU/Kg BB Kelompok H : menerima asam lemak omega-3 54 mg/kg BB, lesitin 18 mg/kg BB dan vitamin E 9 IU/kg BB Kelompok : menerima asam lemak omega-3 81 mg/kg BB, lesitin 27 mg/kg BB dan vitamin E 13,5 IU/kg BB Kelompok J : menerima omega-3 108 mg/kg BB, Iesitin 36 mg/kg BB dan vitamin E 18 IU/kg BB Hasil penelitian membuktikan bahwa kombinasi asam lemak omega-3, lesitin dan vitamin E dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida, selain itu dapat meningkatkan kadar HDL. Peningkatan kadar HD1 dan penurunan kadar kolesterol total serta trigliserida tikus dengan diet mengandung telur ternyata mencapai optimal dalam kelompok E yaitu yang menerima kombinasi asam lemak omega-3 108 mg/kg BB, lesitin 36 mg/kg BB dan vitamin E 18 IU/kg BB. Pada penelitian ini juga terlihat bahwa kadar lemak serum lebih seneitif terha¬dap efek hipokolesterolemik dari PUFA pada diet mengandung telur dibandingkan dengan diet standard. Dengan berubahnya profil lipid serum karena pemberian kombinasi asam lemak omega-3, lesitin dan vitamin E maka pemberian bahan lesitin dengan konsums1 ikan laut dapat dianjurkan untuk mengu-rangi resiko terjadinya aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KK 574.192 SIG P-1
Uncontrolled Keywords: Asam Lemak Omega-3, Lesmn, Vitamin E, Lemak Darah Tikus
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
Setyawati Sigit, --
Retno Bijanti, -NIDN0028065408
Diah Kusumawati Rukminingtyas, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 10 May 2022 05:15
Last Modified: 10 May 2022 05:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item