Kinerja Merger dan Akuisisi, Pengalaman Direktur, Usia Direktur, Masa Jabatan Direktur, dan Board Size di Indonesia

Shindy Dwita Nuansari, - and Windijarto, - (2019) Kinerja Merger dan Akuisisi, Pengalaman Direktur, Usia Direktur, Masa Jabatan Direktur, dan Board Size di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia, 3 (2). pp. 84-93. ISSN 2579-5793, eISSN : 2550-0856

[img] Text (Artikel)
Windijarto_Artikel402.pdf

Download (346kB)
[img] Text (Peer Review)
Windijarto_PeerReview402.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/artic...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman direktur independen yang akan dimoderasi dengan usia direktur independen, masa jabatan direktur independen, dan board size terhadap kinerja merger dan akuisisi di Indonesia serta dikontrol dengan variabel ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda. Data variabel penelitian diperoleh dari laporan keuangan dan tahunan perusahaan pada periode 2009-2019. Variabel dependen yang digunakanpada penelitian ini adalah kinerja merger dan akuisisi yang diukur dengan perubahan ROA dari satu tahun sebelum pengumuman merger dan akuisisi dan satu tahun setelah proses merger akuisisi selesai. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengalaman direktur independen. Variabel moderasi pada penelitian ini adalah usia direktur independen, masa jabatan direktur independen, dan board size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman direktur independen memiliki pengaruh positif terhadap kinerja merger dan akuisisi, usia direktur independen tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh direktur independen terhadap kinerja merger dan akuisisi perusahaan, masa jabatan direktur dan board size mampu memperkuat hubungan positif pengalaman direktur independen terhadap kinerja merger dan akuisisi perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengalaman, usia, masa jabatan, direktur, independen, ukuran perusahaan, kinerja, merger, akuisisi.
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Shindy Dwita Nuansari, -NIM041814153013
Windijarto, -NIDN0014046304
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 10 May 2022 15:45
Last Modified: 10 May 2022 15:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item