Arus Puitika Sastra Naratif Klasik Cina Dalam Sastra Indonesia: Studi Tentang Karya Asmaraman Kho Ping Hoo, Sh Mintareja, Dan Rhemi Sylado

Adi Setijowati, - and Ida Bagus Putera Manuaba, - and IDA NURUL CHASANAH, - (2004) Arus Puitika Sastra Naratif Klasik Cina Dalam Sastra Indonesia: Studi Tentang Karya Asmaraman Kho Ping Hoo, Sh Mintareja, Dan Rhemi Sylado. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KK LP 27 .06 SET A.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian Arus Puitika sastra naratif klasik Cina dalam Sastra Indonesia didasarkan pada tiga karya yaitu Ca Baukan karya Remy Sylado, Pendekar Bongkok karya Kho Ping Hoo, dan Istana yang Suram Karya SH Mintardja. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bahwa ada arus sastra naratif Cina dalam sastra Indonesia selain itu penelitian ini juga mengungkap maknanya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian content analysis dengan memanfaatkan metode analisis teks secara structural dan sastra bandingan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa baik Ca Bau Kan, Pendekar Bongkok maupun istana yang Suram diarusi sastra naratif Cina. Arus tersebut dalam masingmasing karya mempunyai tataran yang berbeda-beda. Ca Baukan terarusi satra naratif cina terutama pada penyajian peristiwa dan cara menampilkan tokoh dengan pola dualisme komplementer. Pendekar Bongkok memanfaatkan konvensi sastra naratif cina yang berhubungan dengan pewarisan sesuatu. Sedangkan Istana yang Suram terarusi dalam hal pertarungan atau model jurus silat yang dipakai tokoh-tokohnya.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Arus Puitika; Sastra Naratif Klasik Cina; Asmaraman Kho Ping Hoo; Sh Mintareja; Rhemi Sylado
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010-1525 Poetry
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Adi Setijowati, -NIDN091170407
Ida Bagus Putera Manuaba, -NIDN0008096406
IDA NURUL CHASANAH, -NIDN. 0014116902
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 11 May 2022 03:33
Last Modified: 11 May 2022 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item