Peningkatan Ekspresi Sel Immunesurveillance oleb Senyawa Bioaktif Ekstrak Gardenia Jasmoides : Suatu Inovasi dalam Penatalaksanaan Terapi Luka Akibat Trauma Pencabutan Gigi

Retno Pudji Rabayu, - and Djoko Agus Purwanto, - and Aulani'am, - (2009) Peningkatan Ekspresi Sel Immunesurveillance oleb Senyawa Bioaktif Ekstrak Gardenia Jasmoides : Suatu Inovasi dalam Penatalaksanaan Terapi Luka Akibat Trauma Pencabutan Gigi. Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text
KKA KK LP 163-10 RAH P.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gardenia jasminoides merupakan salah satu tanaman obat yang merupakan kekayaan alam di Indonesia. Kandungan kimia dan Gardenia jasminoides (dalam kaca piring) terdiri dan rninyak atsiri, gardenosid, krosin, dekstrosan dan manit. Minyak atsiri mempunyai sifat anti septik, anti oksidan dan mempunyai aktifitas anti bakteri dan jamur. Perkembangan terakhir dan penelitian tentang infusa Gardenia jasminoides temyata dapat meningkatkan proses proliferasi sel fibroblas secara in vitro. Hal ini diduga Gardenia jasminoides juga mengandung komponen hormon pertumbuhan untuk fibroblas. Mengingat sifat Gardenia jasminoides sebagai anti bakteri dan jamur, maka kemungkinan pemberian bioaktif fraksi aimya dapat mempengaruhi komponen sel immunesurveillance inang, dalam hal ini adalah sel T sitotoksik dan sel NK yang berfungsi sebagai pertahanan lini terdepan terhadap virus dan bakteri. Bersama dengan makrofag ke 2 sel tersebut akan berkerja bersama dalam mengeliminasi sel target sehingga diperoleh kondisi homeostasis pada inang. Akan tetapi sejauh ini masih belum ada laporan yang pasti.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA KK LP 163 / 10 Rah p
Uncontrolled Keywords: Immunesurveillance, Gardenia Jasmoides, Gigi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Retno Pudji Rabayu, --
Djoko Agus Purwanto, --
Aulani'am, --
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 12 May 2022 03:18
Last Modified: 12 May 2022 03:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116249
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item