Isolasi Eupatilin Dari Artemisia Vulganis Untuk Terapi Karsinoma Sel Skuamosa Rongga Mulut Melalui Analisis Mutasi Ras Dan P53

Ira Arundina, - and Theresia Indah Budhy, - (2009) Isolasi Eupatilin Dari Artemisia Vulganis Untuk Terapi Karsinoma Sel Skuamosa Rongga Mulut Melalui Analisis Mutasi Ras Dan P53. Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text
KKA KK LP 162-10 ARU IK.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karsinoma Sel Skuamosa Rongga Mulut merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan di rongga mulut. Faktor risiko utama teJjadi keganasan di rongga mulut meliputi riwayat serta kebiasaan mengkonsumsi tembakau dan atau alkohol. Benzopirene adalah senyawa polisiklik aromatik hidrokarbon bersifat karsinogenik yang terdapat dalarn asap rokok .dan paling sering menyebabkan kanker di rongga mulut. Tanarnan Sudarnala (Artemisia vulgaris L.) sering digunakan di masyarakat sebagai anti tumor pada organ pencemaan termasuk di rongga mulut, namun belum ada penelitian ilrniah dan belum ditemukan bahan aktif yang berperan sebagai anti kanker di rongga mulut. Banyak didapatkan spesies dari genus Artemisia, sedangkan yang banyak tumbub di Indonesia adalah spesies Artemisia vulgaris L Ma'ialah dalam penelitian ini bahwa efek fraksi flavonoid yang mengandung eupatilin dari Artemisia vulgaris L. terhadap mukosa rongga mulut yang mengalami transformasi akibat induksi benzopirene belum jelas.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA KK LP 162 / 10 Aru i
Uncontrolled Keywords: Oral Mucosa Diseases
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Ira Arundina, --
Theresia Indah Budhy, --
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 12 May 2022 03:09
Last Modified: 12 May 2022 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116250
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item