Pengasuhan pada Gangguan Tingkah Laku Anak dengan Metode Child and Family-focused Cognitive Behavioral Therapy (CFF-CBT)

Yunias Setiawati, - and I Gusti Ayu Indah Ardani, - and Royke Tony Kalalo, - (2021) Pengasuhan pada Gangguan Tingkah Laku Anak dengan Metode Child and Family-focused Cognitive Behavioral Therapy (CFF-CBT). In: Take the Stigma Away from Mental Health, A Vision Hope. Departemen Psikiatri RSUP Sanglah/FK Universitas Udayana, Bali, pp. 3-10. ISBN 978-623-331-221-2

[img] Text (Bukti Korespondensi)
C16-Bukti Korespondensi.pdf

Download (567kB)
[img] Text (Peer Review)
C16-Peer Review.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Artikel)
C16-Artikel.pdf

Download (4MB)

Abstract

Gangguan tingkah laku pada anak adalah perilaku yang tidak dapat diterima secara sosial, yang bersifat menetap, menyebabkan kerusakan terhadap milik orang lain ataupun agresivitas terhadap orang lan serta tidak responsif terhadap kontrol atau otoritas secara umum. Gangguan tingkah laku pada masa anak dan remaja ini sering dijumpai dalam praktek klinis dan memiliki risiko akan menjadi berkelanjutan menjadi gangguan jiwa pada masa remaja dan dewasa dalam berbagai bentuk perilaku anti sosial. Penatalaksanaan gangguan tingkah laku anak dan remaja dilaksanakan melalui program terapi multimodalitas yang menggunakan berbagai sumber daya keluarga dan komunitas yang tersedia. Namun seringkali praktik pengasuhan anak dengan gangguan tingkah laku menimbulkan stresor bagi orangtua, dimana selanjutnya orangtua akan lebih banyak memberikan peraturan dan hukuman akibat perilaku negatif anak yang akan memperparah gangguan pada anak, sehingga dibutuhkan pendekatan terapi yang mengupayakan peranan orang tua secara efektif dan menerapkan pengasuhan yang positif.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: gangguan tingkah laku, Metode Child and Family-focused Cognitive Behavioral Therapy (CFF-CBT)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Psikiatri Anak dan Remaja (Sub Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Yunias Setiawati, -NIDN8837800016
I Gusti Ayu Indah Ardani, -UNSPECIFIED
Royke Tony Kalalo, -NIDN8863800016
Depositing User: arys fk
Date Deposited: 19 May 2022 02:25
Last Modified: 19 May 2022 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116383
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item