Ellysa Putri Rohcaini, - (2022) Pengaruh Task aversiveness Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). (Unpublished)
Text (Artikel Ilmiah)
Jurnal Artikel_Ellysa Putri Rohcaini_111711133017.pdf Download (807kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan masih banyak ditemukan mahasiswa yang melakukan tindakan penundaan terhadap tugas akademik atau yang sering disebut dengan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik tidak hanya ditemukan pada saat pembelajaran tatap muka, melainkan pada saat pembelajaran daring juga masih ditemukan. Salah satu faktor penyebabya ialah ketidaksenangan terhadap tugas (task aversiveness) yang dicirikan oleh komponen frustasi, kebencian, dan kebosanan (Blunt & Pychyl, 2000). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh task aversiveness terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Responden dari penelitian ini yaitu mahasiswa aktif angkatan 2017-2020 total keseluruhan sejumlah 369 partisipan. penelitian ini menggunakan alat ukur prokrastinasi akademik yang disusun oleh Hargiyanto (2012) berdasarkan teori Ferrari et al. (1995) dan alat ukur task aversiveness disusun oleh Pangestu (2016) yang disusun berdasarkan teori dari Blunt & Pychyl (2000). Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa task aversiveness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa selama pembelajaran daring sebesar 40%.
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | mahasiswa ,pembelajaran daring ,prokrastinasi akademik ,task aversiveness | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Ellysa Rohcaini | ||||||
Date Deposited: | 22 May 2022 23:11 | ||||||
Last Modified: | 22 May 2022 23:11 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116429 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |