KESEIMBANGAN PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENERBITAN SYARIAH CHARGE CARD

GANDHI YUNANTO IRAWAN, 030211448 (2007) KESEIMBANGAN PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENERBITAN SYARIAH CHARGE CARD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-irawangand-4060-fh3407-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-irawangand-4060-fh3407.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerbitan Syariah Charge card dilakukan dengan akad pelengkap yaitu al-Khafalah dan al-Qardh. A1-Kafalah merupakan jaminan yang diberikan oleh penanggung (Kalil) kepada pihak ketiga untuk memenuhi kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung. Dalam pengertian lain, kafalah juga berarti mengalihkan tanggung jawab orang lain sebagai jaminan. Sedangkan al-Qardh adalah pemberian harta kepada orang lain yang dapat ditagih kembali atau dengan kata lain meminjamkan tanpa imbalan. Dapat disimpulkan bahwa penerbitan syariah charge card ini tidak menerapkan bunga. Dalam penggunaan syariah charge card, terdapat 4 (empat) pihak yang terlibat di dalamnya. Mereka terdiri atas bank syariah penerbit syariah charge card, operator (visa card atau master card), nasabah pemegang syariah charge card, dan merchant atau penjual barang atau jasa yang melayani pembayaran dengan kartu syariah. Syariah charge card secara umum tersusun dari beberapa transaksi yang menghubungkan pihak-pihak itu. Pertama, transaksi yang menghubungkan antara pihak bank syariah penerbit kartu dengan pihak operator kartu (visa card atau master card). Kedua, transaksi yang menghubungkan antara pihak bank syariah penerbit kartu dengan pihak nasabah pemegang kartu. Ketiga, transaksi yang menghubung-kan antara pihak bank syariah penerbit kartu dengan pihak merchant. Keempat, transaksi yang menghubungkan antara pihak nasabah pemegang kartu dengan pihak merchant. Dalam perjanjian penerbitan syariah charge card ini tidak terdapat klausula yang membertkan seperti klausula eksemsi. Pada klausula-¬klausulanya telah mencerminkan asas persamaan, kebebasan dan asas keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 34/07 Ira k
Uncontrolled Keywords: CREDIT CARD
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
GANDHI YUNANTO IRAWAN, 030211448UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTRISDINI P. USANTI, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 30 Mar 2007 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11650
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item