Analisis Genotype mycobacterium leprae pada Lingkungan Air Daerah Endemis Kusta di Kabupaten Lamongan Jawa Timur dan Studi pola Transmisinya sebagai Salah Satu Sumber Penularan No-Manusia

Cita Rosita S.P., - and Indropo Agusni, - and Dinar Adriaty, - and Eduardus Bimo Aksono Herupradoto, - (2008) Analisis Genotype mycobacterium leprae pada Lingkungan Air Daerah Endemis Kusta di Kabupaten Lamongan Jawa Timur dan Studi pola Transmisinya sebagai Salah Satu Sumber Penularan No-Manusia. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
kk 103 10 Pra a2.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah kusta di Indonesia ditunjukkan dengan prevalensi cukup tinggi dan insidens yang tetap tinggi terutama di beberapa kawasan Indonesia Timur sehingga mempersulit penanggulangan. Secara teori sumber penularan basil kusta dapat terjadi melalui kontak langsung dengan sumber infeksi. maupun melalui jalur tidak langsung yaitu melalui lingkungan. Dari berbagai penelitian epidemiologi, timbul kecurigaan bahwa banyak individu yang terinfeksi basil kusta tanpa adanya sumber penularan yang jelas, terjadi antara lain disebabkan oleh penularan secara tidak langsung. Untuk mempelajari alur penularan Mleprae di lingkungan daerah endemik kusta adalah penting untuk mendeteksi Mleprae yang terdistribusi di Iingkungan dan penduduk Iingkungan tersebut serta menganalisa pola variasi gen yang terdistribusi di Iingkungan juga masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Mleprae yang terdeteksi di lingkungan serta mendapatkan profil genotype isolat Mleprae di lingkungan.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KK KKA 103/10 Pra a
Uncontrolled Keywords: Genotyping Mycobacterium Leprae
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL700-739.8 Mammals
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Jantung
Creators:
CreatorsNIM
Cita Rosita S.P., --
Indropo Agusni, --
Dinar Adriaty, --
Eduardus Bimo Aksono Herupradoto, -NIDN0068611236
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 07 Jun 2022 15:26
Last Modified: 07 Jun 2022 15:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item