Pengenalan Plasmodium Faciparum Merozoit Commom Antigen oleh Penderita Malaria Falciparum dari Beberapa Daerah Endemis di Indonesia dalam Upaya Memperoleh Kandidat Vaksin Lokal untuk Indonesia

Heny Arvati, - and Sri Wijayanti Sulistyowati, - (2009) Pengenalan Plasmodium Faciparum Merozoit Commom Antigen oleh Penderita Malaria Falciparum dari Beberapa Daerah Endemis di Indonesia dalam Upaya Memperoleh Kandidat Vaksin Lokal untuk Indonesia. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
kk 104 10 Kus p2.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sampai saat ini, malaria masih merupakan masalah kesehatan masyaraka, yang penting di Indonesia. Perubahan perilaku sosial masyarakat. mobilitas penduduk yang sangat cepat dari dan ke luar pulau Jawa, perubahan Iingkungan akibat ulah manusia peningkatan suhu bumi global, ditambah pula nyamuk Anopheles sebagai vektor malaria telah menjadi semakin resisten terhadap insektisida. Hal ini mengakibatkan pola penularan penyakit malaria semakin kompleks, dan insiden malaria di Indonesia semakin meningkat. Masalah resistensi parasit terhadap obat anti malaria, termasuk pengobatan dengan kombinasi obat antimalaria, mengakibatkan penanggulangan malaria semakin sulit. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan '"aksin (Engers and Godal, 1998; Moorthy. 2004). Akan tetapi vaksin yang efekrif dan bisa diterapkan secara global sulit untuk diciptakan. Alternatif lain yang perlu didukung adalah penciptaan vaksin malaria yang bisa diterapkan secara lokal. yaitu di Indonesia. Untuk itu telah dilakukan beberapa kali penelitian untuk mendapatkan kandidat vaksin malaria untuk lokal Indonesia. Salah satu dari penelitian tersebut adalah pencarian kandidat vaksin malaria seeara imunologi dengan mereaksikan antigen stadium aseksual Plasmodium jalciparum dengan serum penderita malaria falcirarum dari berbagai daerah endemis malaria di indonesia.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA KK 104/10 Kus p2
Uncontrolled Keywords: Plasmodium Faciparum Merozoit Commom Antigen, Malaria Falciparum
Subjects: R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RB Pathology > RB37-56.5 Clinical pathology. Laboratory technique
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Parasitologi
Creators:
CreatorsNIM
Heny Arvati, -NIDN0029026404
Sri Wijayanti Sulistyowati, -NIDN0023058301
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 07 Jun 2022 22:08
Last Modified: 07 Jun 2022 22:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116669
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item