ANALISIS SIKAP KONSUMEN ATAS ATRIBUT PRODUK TERHADAP NIAT BELI MAJALAH GAYa NUSANTARA DI SURABAYA

ASTERIA PRABASARI, 040023845 E (2005) ANALISIS SIKAP KONSUMEN ATAS ATRIBUT PRODUK TERHADAP NIAT BELI MAJALAH GAYa NUSANTARA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-prabasaria-5959-b20905-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-prabasaria-5959-b20905.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap konsumen atas atribut¬atribut produk terhadap niat beli majalah GAYa NUSANTARA di Surabaya. Peneliti memilih majalah GAYa NUSANTARA sebagai obyek penelitian karena majalah ini adalah majalah komunitas yang mengkhususkan untuk kaum gay. Apalagi anggapan sebagian besar masyarakat Indonesia bahwa kaum homo, khususnya kaum gay, adalah orang-orang yang mempunyai kelainan seksual. Sehingga untuk menyampaikan informasi yang benar tentang kaum gay, GAYa NUSANTARA membuat majalah GAYa NUSANTARA. Konsumen yang diteliti adalah konsumen yang dijumpai di tempat berkumpulnva kaum gay dan GAYa NUSANTARA Community Center yang pernah membaca tapi belum pernah membeli majalah GAYa NUSANTARA. Wajah dan format isi maialah GAYa NUSANTARA telah mengalami beberapa perubahan dan pembenahan sejak dibuat tahun 1987. untuk mengatahui apakah perubahan dan pembenahan telah sesuai dengan misi dan visi GAYa NUSANTARA serta sesuai keinginan pembaca yang berbeda-beda maka dilakukan penelitian mengenai pengaruh sikap konsumen atas atribut-atribut produk terhadap niat beli majalah GAYa NUSANTARA. Peneliti memilih sikap karena sikap merupakan cerminan dari apa yang konsumen pikirkan, bagaimana konsumen merasakan. dan bagaimana konsumen akan berperilaku. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah berita. kekhasan majalah. tampilan majalah, periode waktu terbit, dan harga sedangkan variabel tergantungnya adalah niat beli majalah GAYa NUSANTARA di Surabaya. Jumlah kuesioner dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 responden. Jawaban kuesioner didapat dengan cara penyebaran kuesioner di tempat berkumpulnya kaum gay -Pattaya dan GAYa NUSANTARA Community Center. Dengan Teknik Pearson Product Moment dan teknik cronhach alpha. data penelitian ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan perhitungannva dilakukan dengan bantuan program SPSS 11.00 for windows. Model persamaan regresi linier berganda yang diperoleh dari hasil penelitian adalah : Y = 2,689 - 0,011X1 + 0,147X2 - 0,012X3 + 0,095X4 - 0.013X5 Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel bebas yang digunakan tidak memiliki pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel tergantung. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji t dan uii-F yang dilakukan. Nilai koefisien korelasi (R) adalah 0.405 atau 40,5% dan bertanda positif menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah hubungan searah. Nilai koefisien determinasi (R`) atau R square adalah 0.164. Hal tersebut menunjukkan bahwa dari persamaan tersebut, hanya 16.4% dari perubahan Y dipengaruhi oleh lima variabel bebas yang digunakan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 209/05 Pra a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ASTERIA PRABASARI, 040023845 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hartini, S.E.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 07 Feb 2008 12:00
Last Modified: 20 Jul 2016 14:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1168
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item