Potensi Spillover Horizontal dan Vertikal dari Perusahaan Asing terhadap Industri Pengolahan Domestik Indonesia

Dyah Wulan Sari, - and Tri Haryanto, - and Shochrul Rohmatul Ajija, - Potensi Spillover Horizontal dan Vertikal dari Perusahaan Asing terhadap Industri Pengolahan Domestik Indonesia. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB KK-2 LP 28-19 Sar p.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan perusahaan asing di suatu negara dapat membawa manfaat langsung maupun tidak langsung bagi negara tuan rumah. Manfaat langsung tersebut adalah meningkatnya investasi, kapasitas produksi, permintaan tenaga kerja, dan juga ekspor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan penerimaan pajak bagi pemerintah. Sementara manfaat tidak langsungnya adalah adanya eksternalitas pengetahuan yang dihasilkan melalui mekanisme non-pasar ke dalam perekonomian perusahaan-perusahaan domestiknya. Eksternalitas ini dapat berupa transfer teknologi, peningkatan efisiensi, dan pengetahuan managerial yang semakin baik. Dalam literatur, efek tidak langsung dari hadirnya perusahaan asing disebut efek limpahan atau spillover effects. Spillover effect dari perusahaan asing dapat ditransmisikan melalui dua jalur yaitu: limpahan intra-industri (horizontal spillover) dan limpahan antar-industri (vertical spillover) yang dibagi lagi melalui limpahan ke depan (forwardspillover) dan limpahan ke belakang (backward spillover). Data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil laporan survei tahunan industri pengolahan menengah-besar yang bersumber dan Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS). Di samping itu, data pendukung adalah data Tabel Input-Output dan Indeks Harga Perdagangan Besar. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk menginvestigasi dampak spillover horisontal dan vertikal dari perusahaan asing adalah stochastic frontier analysis (SFA). Penelitian pada tahun pertama ini bertujuan menguji dampak spillover horisontal dan vertikal (ke depan dan ke belakang) dari perusahaan asing terhadap tingkat efisiensi industri pengolahan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spillover horisontal dan spillover ke depan (forward) dari perusahaan asing mempunyai dampak positif terhadap tingkat efisiensi industri manufaktur di Indonesia tetapi spillover ke belakang (backward) mempunyai dampak negatif terhadap industri manufaktur di Indonesia.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP. 28-19 Sar p
Uncontrolled Keywords: Horizontal Spillover, Vertical Spillover, Forward Spillover, Backward Spillover, Industri Pengolahan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
Dyah Wulan Sari, --
Tri Haryanto, --
Shochrul Rohmatul Ajija, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:34
Last Modified: 27 Jun 2022 08:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116859
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item