Keberhasilan Penentuan Jenis Kelamin Cempe Hasil Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Beku Berdasarkan Waktu Inseminasi yang Berbeda pada Kambing Etawah

Ismudiono, - and Tita Damayanti Lestari, - and Abdul Samik, - Keberhasilan Penentuan Jenis Kelamin Cempe Hasil Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Beku Berdasarkan Waktu Inseminasi yang Berbeda pada Kambing Etawah. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKC KK LP 19-19 Ism k.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini terdiri dari 2 tahapan. Tahun pertama menentukan dosis untuk Inseminasi sedangkan penelitian kedua berdasarkan hasil penelitian pertama tersebut dijadikan dasar untuk menentukan keberhasilan penentuan jenis kelamin pedet hasil inseminasi berdasarkan waktu inseminasinya. Penelitian Tahap II : Sebanyak 30 ekor kambing Etawah betina dibagi dalam 3 kelompok yang masing terdiri dari 10 ekor kelompok kambing betina yang mendapat perlakuan inseminasi buatan dilakukan dengan menggunakan semen beku denga dosis straw pada penelitian pertama yaitu masing masing 2 straw (100 juta spermatozoa/inseminasi) Kelompok pertama dilakukan inseminasi pada awal biram (early to inseminate/48 jam setelah penyuntikan PGF2 alfa), kelompok kedua yang mendapatkan perlakuan inseminasi pada pertengahan biram (good to inseminate/66 jam setelah penyuntikan PGF2alfa) dan kelompok ketiga yang mendapat perlakuan inseminasi pada akhir birahi (late to inseminate/84 jam setelah penyuntikan PGF2 alfa). Semua inseminasi dilakukan melalui vagino serviks. Semen yang digunakan produksi Balai Inseminasi Buatan Singgosari. Kambing kambing tersebut dilakukan penyerentakan biram dengan menggunakan PGF2 alfa. Semua kambing kambingvini diperiksa profil honnon progesteron dengan menggunakan teknik Elisa pada waktu penyerentakan biram (hari 0), dan hari ke 7, 14 dan 21 setelah inseminasi. Pengamatan birahi yang kemungkinan timbul dilakukan pada 18 - 20 hari setelah inseminasi untuk melihat tidak kembali biram (Non Return Rate) dan juga dilakukan peneraan hormon Progesteron serum darah untuk mengetahui adanya kebuntingan. Diagnosa kebuntingan juga dilakukan menggunakan Ultra sonografi (USG).

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP 19-19 Ism k
Uncontrolled Keywords: Inseminasi Buatan, Kambing Etawah, Jenis Kelamin
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > S2 Biologi Reproduksi
Creators:
CreatorsNIM
Ismudiono, --
Tita Damayanti Lestari, --
Abdul Samik, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:50
Last Modified: 27 Jun 2022 08:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item