Pemanfaatan Tanaman Tembakau (Nicotiana Tabacum) Toleran Genangan pada Cekaman Genangan secara Periodik sebagai Bahan Bioinsektisida yang Ramah Lingkungan

Hery Purnobasuki and Sucipto Hariyanto and Tutik Nurhidayati (2018) Pemanfaatan Tanaman Tembakau (Nicotiana Tabacum) Toleran Genangan pada Cekaman Genangan secara Periodik sebagai Bahan Bioinsektisida yang Ramah Lingkungan. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKC KK LP 26-19 Pur p.pdf

Download (17MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam dunia pertanian di negara kita saat ini pemanfaatan pestisida kimia sebagai agen pembunuh hama penyerang tanaman semakin meningkat dosis dan frekuensi pemakaiannya Pestisida kimia digunakan karena pestis ida tersebut mudah didapat dan sangat cepat serta arnpuh memberantas harna. Akan tetapi penggunaan pestisida kimia juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi tanaman maupun bagi lingkungan sekitar tanaman serta berdarnpak negatif juga bagi manusia. Berdasarkan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan pestisida kimia tersebut maka, perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan bioinsektisida dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di Indonesia yang ramah lingkungan. Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai bioinsektisida adaJah tembakau (Nicotiana tabacum). Untuk menjaga keberJangsungan dan ketersedian tembakau sebagai bahan baku bioinsektisida maka kuaiitas dan budidaya tembakau merupakan parameter penting yang harus diperhatikan. Salah satu kendala dalam kegiatan budidaya tembakau adalah hujan yang turon tidak menentu. Selain itu, kendala lain adalah terjadinya intensitas hujan yang tinggi. Pada daerah tropis dengan eurah hujan yang tinggi seringkali terjadi genangan baik yang bersifat temporer maupun yang berlangsung dalam periode yang relatif lama. Sehingga tanaman tembakau toleran genangan perlu dikaji untuk mendapatkan kualitas tanaman yang optimal sebagai stok untuk bahan baku bioinsektisida. Dalam kondisi tercekam seperti genangan tanaman tembakau memiliki senyawa bioaktif yang meningkat seperti nikotin. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui aplikasi bioinsektisida tanaman tembaku toleran pada eekaman genangan seeara periodik pada daya hambat maupun daya bunuh insekta penggangu tanaman. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah raneangan aeak lengkap dengan 3 kali ulangan. Konsentrasi ekstrak yang digunakan adalah 9 konsentrasi ekstrak daun ketapang (Terminalia catappa) dan 1 kontrol, kemudian dari 10 konsentrasi yang akan diujikan selama 3 hari dieari nilai ambang batas bawah LC10 dan ambang batas atas LC90 serta LC50, pengamatan pola mortalitas, persentase pembentukan pupa serta uji kandungan antifeedant. Hasil penelitian adalah (1) Ekstrak daun Tembakau berpotensi sebagai insektisida nabati.; (2) Ekstrak daun tembakau berpengaruh terhadap mortalitas Spodoptera litura instar 3 dan didapatkan LC50 didapatkan pada konsentrasi 47% (47 gr/100 ml) dalam kurun waktu 48 jam pengamatan. Target luaran adalah Jurnal Intemasional dan Seminar Intemasional dan produk biopestisida ekstrak daun tembakau.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP 26-19 Pur p
Uncontrolled Keywords: Tembakau (Nicotiana tabacum), Toleran Genangan, Genangan Seeara periodik, Bioinsektisida
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB1-1110 Plant culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Hery PurnobasukiUNSPECIFIED
Sucipto HariyantoUNSPECIFIED
Tutik NurhidayatiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:56
Last Modified: 18 Jul 2022 07:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item