Perbedaan Kekuatan Perlekatan Geser Glass Ionomer dengan Peningkatan Kekasaran Permukaan Enamel Menggunakan Bur Diamond dan Bur Tungsten Carbide pada Preparasi Enamel

Ari Subiyanto (1989) Perbedaan Kekuatan Perlekatan Geser Glass Ionomer dengan Peningkatan Kekasaran Permukaan Enamel Menggunakan Bur Diamond dan Bur Tungsten Carbide pada Preparasi Enamel. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKU KK 617.634 072 4 Sub p.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Semen glass ionomer merupakan bahan semen yang mempunyai potensi sama dengan bahan tumpatan lain. Semen ini hasil reaksi dari eluminosilikat dan asam polikarboksilat atau asam poliakrilat. Bubuk dari semen glass ionomer serumpun dengan bubuk semen silikat yang terdiri dari campuran partikel kalsium aluminium fluor silikat glass dengan ukuran 40/Um sebagai bahan tumpatan sedangkan sebagai semen pelekat berukuran 25/Um. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa permukaan enamel yang dipreparasi dengan menggunakan bur diamond medium grit diperoleh kekuatan perlekatan geser lebih besar daripada menggunakan bur diamond superfine maupun bur tungsten carbide.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKU KK 617.634 072 4 Sub p
Uncontrolled Keywords: Enamel Gigi, Preparasi Enamel
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Dental Material
Creators:
CreatorsNIM
Ari SubiyantoUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:42
Last Modified: 19 Jul 2022 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117110
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item