Sarwono, Elvana Anandyadiputri
(2022)
Hubungan antara Hardiness dengan Academic Burnout pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi.
-, - (-).
ISSN -
(Unpublished)
|
Text (Artikel Ilmiah)
Hubungan antara Hardiness dengan Academic Burnout pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi.pdf
Download (382kB)
|
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hardiness dengan academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Topik ini menjelaskan permasalahan mahasiswa yang rentan mengalami academic burnout, yaitu kelelahan emosional, berdasarkan tuntutan akademik untuk menyelesaikan skripsi sehingga mahasiswa harus memiliki sumber daya seperti Hardiness sebagai daya tahan dalam menghadapi peristiwa penuh tekanan. Pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menggunakan skala Dispositional Resilience Scale (DRS-15) sejumlah 15 aitem (α= 0,641) dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) sejumlah 15 aitem (α= 0,797). Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik nonparametrik Spearman’s rho dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini memperoleh koefisien korelasi sebesar -0,625 dengan signifikansi sebesar 0,000. Terdapat hubungan negatif, berarti semakin tinggi hardiness, akan semakin rendah academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. dan begitupun sebaliknya. Kesimpulan penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi memiliki tingkat academic burnout sedang.
Actions (login required)
|
View Item |