PERAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL (MODAL PSIKOLOGIS) DALAM MEMODERASI PENGARUH STRES KERJA TERHADAP WORKPLACE INCIVILITY BEHAVIOR (KETIDAKSOPANAN DI TEMPAT KERJA) PADA KARYAWAN PERBANKAN

Risko Surya Ramadhan (2022) PERAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL (MODAL PSIKOLOGIS) DALAM MEMODERASI PENGARUH STRES KERJA TERHADAP WORKPLACE INCIVILITY BEHAVIOR (KETIDAKSOPANAN DI TEMPAT KERJA) PADA KARYAWAN PERBANKAN. -, - (-). ISSN - (Unpublished)

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Skripsi_Risko Surya Ramadhan_111811133074.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Risko Surya Ramadhan, 111811133074, PERAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL (MODAL PSIKOLOGIS) DALAM MEMODERASI PENGARUH STRES KERJA TERHADAP WORKPLACE INCIVILITY BEHAVIOR (KETIDAKSOPANAN DI TEMPAT KERJA) PADA KARYAWAN PERBANKAN, Skripsi, Fakultas, Psikologi, Universitas Airlangga 2022. xix + 150 halaman, 22 lampiran Studi (Handoyo et al., 2018) di Indonesia ditemukan 88% dari responden karyawan mengalami incivility pelaku ketidaksopanan di tempat kerja. Perilaku ini banyak terjadi pada pekerjaan yang di dominasi oleh laki-laki seperti pekerja bank (Chaudhary et al., 2022). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap workplace incivility behavior dan psychological capital sebagai variabel moderator.. Penelitian ini dilakukan pada 108 karyawan perbankan, dengan metode kuantitatif. Alat ukur stress kerja menggunakan General Work Stress Scale, workplace incivility behaviour (ketidaksopanan di tempat kerja) menggunakan Indonesian Incivility Behavior Scale yang sudah dibalik perspektifnya menjadi pelaku, dan psychological capital (modal psikologis) menggunakan Psychological Capital Quiestionnaire-24. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa stres kerja memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap perilaku ketidaksopanan di tempat kerja dan dimensi pada psychological capital (modal psikologis) yaitu self efficacy (kepercayaan diri), hope (harapan), resillience (ketahanan) memoderasi secara signifikan dan memperlemah pengaruh stres kerja terhadap workplace incivility behavior (ketidaksopanan di tempat kerja) pada karyawan perbankan di Indonesia. sedangkan optimism tidak memoderasi secara signifikan dan memperlemah pengaruh stres kerja terhadap workplace incivility behavior pada karyawan perbankan di Indonesia Kata kunci: Incivility, Psychological Capital, Stress DAFTAR PUSTAKA: 38 (1987 – 2022)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Incivility, Psychological Capital, Stress
Subjects: A General Works
B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Industri dan Organisasi
Creators:
CreatorsNIM
Risko Surya Ramadhan111811133074
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Syarifah, '-0029098011
Depositing User: Risko surya ramadhan
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:39
Last Modified: 22 Jul 2022 01:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117157
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item