Pengaruh Parental Autonomy Support Terhadap Psychological Well-Being Pada Emerging Adult Anak Pertama Perempuan

Ni Putu Anandea Adhity, - (2022) Pengaruh Parental Autonomy Support Terhadap Psychological Well-Being Pada Emerging Adult Anak Pertama Perempuan. (Unpublished)

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Pengaruh Parental Autonomy Support Terhadap Psychological Well-Being Pada Emerging Adult Anak Pertama Perempuan_Ni Putu Anandea Adhity.pdf

Download (244kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parental autonomy support terhadap psychological well-being pada emerging adult anak pertama perempuan. Psychological well-being adalah kondisi dimana individu memiliki sikap positif pada dirinya dan orang lain, mampu mengatur dan mengembangkan dirinya, memiliki tujuan dalam hidupnya dan berhubungan positif dengan orang lain (Ryff & Keyes, 1995). Subjek dalam penelitian ini adalah 74 perempuan masa emerging adult yaitu usia 18-25 tahun dan merupakan anak pertama dalam keluarga. Data diperoleh melalui survey yang dilakukan secara online. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur parental autonomy support adalah Perceived Parental Autonomy Support Scale yang terdiri dari 2 sub-skala dengan masing-masing berisi 24 aitem. Alat ukur untuk mengukur tingkat psychological well-being adalah Ryff’s Multidimensional Psychological Well-Being Scale yang terdiri dari 42 aitem. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan bantuan Jamovi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara parental autonomy support terhadap psychological well-being pada emerging adult anak pertama perempuan. Dengan demikian psychological well-being anak pertama perempuan pada masa emerging adult akan meningkat bila parental autonomy support-nya meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak Pertama, Emerging Adult, Parental Autonomy Support, Perempuan, Psychological Well-Being
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712-724.85 Developmental Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ni Putu Anandea Adhity, -111711133060
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno Suminar, -0013036606
Depositing User: Ni Putu Anandea Adhity
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:44
Last Modified: 25 Jul 2022 03:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117171
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item