Tyoni, Amadea Fidela
(2022)
Pengaruh Celebrity Worship dan Self-esteem terhadap Impulsive Buying pada Penggemar K-POP Dewasa Awal.
Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity worship dan self-esteem terhadap impulsive buying pada penggemar k-pop dewasa awal. Partisipan penelitian merupakan penggemar k-pop dewasa awal usia 18-40 tahun (N=114). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner online menggunakan skala celebrity attitude scale, rosenberg self-esteem scale, dan buying impulsiveness scale. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai t=7,516 dan signifikansi 0,000 (p<0,05) untuk celebrity worship dan nilai t=-2,606 dengan signifikansi 0,010 (p<0,05) untuk self-esteem. Analisis antara celebrity worship dan self-esteem dengan impulsive buying menghasilkan nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,702. Artinya, celebrity worship dan self-esteem berpengaruh cukup kuat terhadap impulsive buying.
Actions (login required)
|
View Item |