Kontribusi Keterlibatan Orang Tua terhadap Kesiapan Sekolah pada Aspek Kompetensi Sosial Emosional Anak Prasekolah

Virgie Putri Prayudha, - (2022) Kontribusi Keterlibatan Orang Tua terhadap Kesiapan Sekolah pada Aspek Kompetensi Sosial Emosional Anak Prasekolah. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, X. ISSN 2776-1851 (Unpublished)

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Keterlibatan Orang Tua dan Kesiapan Sekolah Aspek Kompetensi Sosial Emosional_Virgie Putri Prayudha.pdf

Download (684kB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi keterlibatan orang tua terhadap kesiapan sekolah pada aspek kompetensi sosial emosional anak prasekolah. Anak prasekolah melewati masa transisi dimana mereka membutuhkan kesiapan sekolah agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Namun, salah satu aspek kompetensi dari kesiapan sekolah yaitu aspek kompetensi sosial emosional masih belum terpenuhi secara optimal. Hal ini menyebabkan kesiapan sekolah juga belum dimiliki secara menyeluruh oleh anak prasekolah. Keterlibatan orang tua dapat menjadi faktor yang mempengaruhi anak untuk mengembangkan kesiapan sekolah pada aspek kompetensi sosial emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada orang tua yang terdiri dari ayah dan/atau ibu dan memiliki anak usia prasekolah (4-7 tahun). Jumlah responden penelitian sebanyak N=101 orang dengan menggunakan kuesioner Skala Keterlibatan Orang Tua, Penn Interactive Peer Play Scale (PIPPS), dan Emotion Regulation Checklist (ERC). Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua memberikan pengaruh kontribusi terhadap kesiapan sekolah pada aspek kompetensi sosial emosional anak prasekolah. Keterlibatan orang tua memberikan kontribusi sebanyak 17,2%. Keterlibatan orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap kesiapan sekolah pada aspek kompetensi sosial emosional anak prasekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orang tua, kesiapan sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712-724.85 Developmental Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Perkembangan
Creators:
CreatorsNIM
Virgie Putri Prayudha, -111811133186
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardana Nawangsari, -0027027203
Depositing User: Virgie Putri Prayudha
Date Deposited: 26 Jul 2022 10:13
Last Modified: 26 Jul 2022 10:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117208
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item