Dinamika Kesehatan Mental Mahasiswa Beragama Hindu yang Mengalami Pengurangan Aktivitas Tri Sandhya saat Merantau di Surabaya

I Gusti Bagus Dion Pranajaya Nugraha, - (2022) Dinamika Kesehatan Mental Mahasiswa Beragama Hindu yang Mengalami Pengurangan Aktivitas Tri Sandhya saat Merantau di Surabaya. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Artikel Peneitian Skripsi_I Gusti Bagus Dion Pranajaya Nugraha_11181113163.pdf

Download (270kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id/

Abstract

Dengan banyaknya penelitian maupun literatur yang menunjukkan hubungan positif dari kegiatan spiritual dengan kesehatan mental, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu dinamika kesehatan mental mahasiswa beragama Hindu yang mengalami pengurangan aktivitas Tri Sandhya saat merantau di Surabaya.Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Melibatkan tiga partisipan dengan kriteria mahasiswa beragama Hindu yang pernah/sedang berkuliah di salah satu universitas di Surabaya dengan status merantau dan mengalami pengurangan pada aktivitas Tri Sandhya. Proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semiterstruktur kemudian dianalisis menggunakan teknik interpretative phenomenological analysis (IPA), kemudian kredibilitas data diperoleh melalui member check. Penelitian ini menemukan adanya perbedaan kondisi sosial dan lingkungan sampai perubahan rutinitas pada partisipan, namun ketiga partisipan dapat menyesuaikan diri dengan baik saat merantau. Terdapat kemunculan emosi negatif jika tidak melakukan Tri Sandhya yaitu perasaan tidak enak, merasa aneh, merasa berdosa, merasa tidak bertanggung jawab, dan rasa tubuh yang berbeda. Dengan begitu ketiga partisipan berpendapat bahwa setidaknya dapat melakukan Tri Sandhya satu kali dalam sehari. Ditemukan juga dampak dari Tri Sandhya antara lain membantu menenangkan diri saat menghadapi masalah, membantu memanajemen emosi untuk menjadi lebih sabar, dan memberikan perasaan rileks. Ketiga partisipan juga dapat mengembangkan diri dengan baik dan ini berdampak pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: kesehatan mental, kegiatan spiritual, mahasiswa perantau
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1100-1295 Hinduism
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1225.2-1243.58 Religious Life
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
I Gusti Bagus Dion Pranajaya Nugraha, -111811133163
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAfif Kurniawan, -0014108501
Depositing User: I Gusti Bagus Dion Pranajaya Nugraha
Date Deposited: 26 Jul 2022 00:38
Last Modified: 26 Jul 2022 00:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item