Rr. Nourmaulida Effie Kusumaningtyas (2022) Self-Regulated Learning dan Stres Akademik Mahasiswa Tahun Ke-3 dan Ke-4 Saat Pandemi. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, X (-). ---. ISSN 2776-1851 (Unpublished)
Text (Artikel Ilmiah)
NasPub Effie BRPKM.pdf Download (292kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning (SRL) terhadap stres akademik mahasiswa tahun ke-3 dan ke-4 pada situasi perkuliahan daring. Variabel SRL berdasarkan teori Zimmerman (1998) dan variabel stres akademik berdasarkan teori Lakaev (2009). Responden penelitian ini adalah 103 mahasiswa tahun ke-3 dan ke-4 yang pernah mengikuti perkuliahan daring maupun luring. Teknik sampling menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei menggunakan kuesioner berisi skala Online Self-Regulated Learning Questionnaire (OSLQ) yang disusun oleh Barnard-Brak, Paton, & Lan (2010) dan skala Lakaev Academic Stress Response Scale (LASRS) yang disusun oleh Lakaev (2009). Data dianalisis dengan uji korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,404 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,00 berarti bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara SRL dengan stres akademik. Nilai negatif berarti semakin tinggi SRL maka semakin rendah stres akademik, begitu pula sebaliknya.
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkuliahan daring, self-regulated learning, stres akademik | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Rr. Nourmaulida Effie Kusumaningtyas | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 07:26 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2022 07:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117243 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |