Adhiyajnaputri, - (2022) Hubungan Rasa Memiliki Tempat Kerja dan Kelelahan Konferensi Video pada Karyawan. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, X (-). ---. ISSN 2776-1851
Text (Artikel Ilmiah)
[20220728]-[Draft Final] Adhiyajnaputri.pdf Download (267kB) |
Abstract
Zoom fatigue atau kelelahan konferensi video banyak dikeluhkan pasca penggunaan konferensi video pada masa Pandemi Covid-19 lalu. Adanya fenomena tersebut membuat para ilmuwan mencari tahu penyebabnya dalam rangka melakukan pencegahan. Hal ini menjadi penting mengingat para karyawan dalam organisasi menggunakan konferensi video untuk keperluan pekerjaannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara rasa memiliki tempat kerja dengan kelelahan konferensi video dalam konteks kerja. Untuk mengukur kedua variabel tersebut, menggunakan alat ukur Zoom Exhaustion and Fatigue Scale (ZEF Scale) dan Workplace Belongingness Scale yang telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Analisis data menggunakan teknik regresi. Partisipan yang terlibat sejumlah 92 orang dengan berbagai latar belakang pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel dengan nilai p-value sebesar 0,038 (p < 0,05) dan koefisien determinan R2 = 0,0470
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | kelelahan konferensi video, kelelahan zoom, konferensi video, rasa memiliki tempat kerja | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology T Technology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Industri dan Organisasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Adhiyajnaputri Putri | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 07:42 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2022 07:42 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117257 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |