Tone Iklan Presiden Indonesia 2004 di Televisi

ANDRIA SAPTYASARI, - (2010) Tone Iklan Presiden Indonesia 2004 di Televisi. ACT AWS, 2 (2). pp. 64-72. ISSN 977-208-650-700-1

[img] Text (ARTIKEL)
5.1. Tone Iklan Presiden.pdf

Download (339kB)
[img] Text (VALIDASI)
Tone Iklan Presiden Indonesia.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini untuk melihat tone of political advertising di iklan televisi dari iklan Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono, sebagai kandidat presiden di pemilihan presiden 2004. Penelitian ini mempunyai signifikansi di bidang komunikasi politik karena yang akan diteliti ini merupakan iklan politik pertama di Indonesia yang dimediakan di mana pilpres 2004 ini juga merupakan pemilihan presiden langsung yang pertama kali di Indonesia. Penelitian ini mempunyai asumsi bahwa tiap-tiap kandidat memilih tone of political advertising untuk menarik voters dalam pemilihan presiden. Seperti dikemukakan oleh Wen, Benoit dan Yu bahwa ada tiga tones of political advertising yaitu acclaims (positive utterances), attacks (negative utterances) dan defence (protecting from attack). Lebih lanjut, mereka menjelaskan bahwa acclaims lebih berkorelasi secara positif dengan peningkatan popularitas daripada attacks dan defence (Wenetal.,2004,p.140-155). Berdasarkan pernyataan Wen, Benoit dan Yu di atas, maka penelitian ini mencoba melihat dan menganalisis the tone of political advertising di iklan televisi dari Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono, sehingga dapat mengklasifikasikan kecenderungan tones categories of political advertising yang digunakan di iklan Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono apakah mereka cenderung menggunakan acclaims, attacks atau defence.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ANDRIA SAPTYASARI, -NIDN0030097202
Depositing User: Tn Slamet Triyono
Date Deposited: 07 Aug 2022 02:16
Last Modified: 19 Oct 2022 11:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117369
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item