Kecantikan Visual dan Virtual Wanita Muslim dalam Sosial Media

ANDRIA SAPTYASARI, - (2012) Kecantikan Visual dan Virtual Wanita Muslim dalam Sosial Media. In: Kecantikan Virtual - Identitas Perempuan Dalam Situs Jejaring Sosial. Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Airlangga, Surabaya, pp. 65-74. ISBN 978-602-71597-0-9

[img] Text (ARTIKEL)
Kecantikan Visual dan Virtual Wanita Muslim dalam Sosial Media.pdf

Download (6MB)
[img] Text (VALIDASI)
Kecantikan Visual dan Virtual.pdf

Download (15kB)

Abstract

Menurut Wolf (2002) The Baeuty Myth (Mitos Kecantikan) merupakan cerita yang mensahkan adanya sebuah standar universal mengenai kecantikan, menciptakan pembagian diantara perempuan yang didasarkan pada sikap ataupun perilaku terhadap kecantikan itu sendiri. Dalam wacana kecantikan, tubuh bukan hanya sekedar entitas tetapi merupakan situs yang membawa banyak kemungkinan, potensi, proses dan praktik (Blackman, 2008). lebih lanjut lagi praktik fesyen dan kecantikan adalah mekanisme inti yang membuat " tubuh manusia " (The Lived Body) dibuat menjadi tampak secara budaya (Silverman, 1986;145). Perempuan muslim di dalam pemaknaan dan pengalaman akan tubuhnya pada akhirnya akan memberikan signifikansi kultural ketika kecantikan, tubuh dan fesyen sebagai faktor pembentuk identitas memiliki konsekuensi ideologis ketika sudah bertransformasi secara simbolik menjadi sistem tanda dalam media.

Item Type: Book Section
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ANDRIA SAPTYASARI, -NIDN0030097202
Depositing User: Tn Slamet Triyono
Date Deposited: 07 Aug 2022 02:17
Last Modified: 19 Oct 2022 11:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117375
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item