Pengetahuan dan Kepedulian Masyarakat (Produsen dan Konsumen) Terhadap Keamanan Makanan Jajanan Pedagang Kaki Lima (PKL) (Studi di Daerah Perkotaan Kota Surabaya, Jatim)

Annis Catur Adi NIDN0001036903, - (2002) Pengetahuan dan Kepedulian Masyarakat (Produsen dan Konsumen) Terhadap Keamanan Makanan Jajanan Pedagang Kaki Lima (PKL) (Studi di Daerah Perkotaan Kota Surabaya, Jatim). Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN UNAIR, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKC KK 363.192 ADI P.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak dapat ditunda dan harus dipenuhi tiap hari dengan mengkonsumi makanan. Persyaratan keamanan pangan yang akan dikonsumsi semestinya menjadi persyaratan pertama terpenting yang harus dipenuhi sebelum persyaratan lain dipertimbangkan Keamanan pangan atau food safety kini menjadi semakin penting bagi masyarakat. Menurut UU RI No. 7 Tahun 1996 tentang pangan, yang dimaksud dengan keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan manusia (Kantor Menpangan RI, 1996). Hasil pemeriksaan Ditjen POM Depkes RI (1998) terhadap 706 makanan jajanan menunjukkan 470 sampel tidak memenuhi syarat. Demikian juga hasil penelitian berbagai lembaga penelitian dilaporkan sekitar 62 % ternyata menggunakan pewarna bukan makanan danmenggunakan lebih tinggi dari ambang (Winarno, 1997). Mengingat pentingnya masalah keamanan pangan, maka pengetahuan dan kepedulian (sikap dan perilaku) terhadap faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya keracunan atau pencemaran pangan harus diperhatikan oleh masyarakat, baik produsen maupun konsumen. Pendidikan tentang keamanan pangan kepada masyarakat produsen makanan (PKL) akan menjadi kurang berhasil dan efesien, jika tidak diiringi dengan tuntutan masyarakat konsumen. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengetahuan dan kepedulian masyarakat (produsen dan konsumen) terhadap keamanan makanan pedagang kaki lima (PKL) yang biasa mangkal di pinggir-pinggir jalan Kota Surabaya. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah 1) Mempelajari karakteristik (sosekbud) produsen dan konsumen makanan PKL; 2) Mengetahui tingkat pengetahuan produsen dan konsumen makanan PKL mengenai keamanan pangan; 3) Mengindentifikasi penggunaan bahan tambahan makanan (BTM) yang biasa digunakan produsen makanan PKL; 4) Mempelajari kepedulian (sikap dan tindakan) produsen dan konsumen makanan PKL mengenai keamanan pangan; dan 5) Mempelajari kepedulian (sikap dan tindakan) produsen dan konsumen makanan PKL mengenai keamanan pangan menurut tingkat pengetahuan.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK 363.192 Adi p
Uncontrolled Keywords: KESEHATAN PANGAN DAN GIZI
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Annis Catur Adi NIDN0001036903, -NIDN0001036903
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:30
Last Modified: 08 Aug 2022 01:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item