Karakteristik dan Kesenjangan Spasial Pengguna Internet, E-Comerce, Serta E-Banking di Jawa Timur

Muhammad Abrar, - and Rossanto Dwi Handoyo, - (2020) Karakteristik dan Kesenjangan Spasial Pengguna Internet, E-Comerce, Serta E-Banking di Jawa Timur. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23 (1). pp. 61-76. ISSN 1410-8291, eISSN: 2460-0172

[img] Text (Artikel)
25-Artikel_RossantoDH_Karakteristik-dan-Kesenjangan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
25-PeerReview_RossantoDH.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Test)
RossantoDH_Similarity025_KARAKTERISTIK-DAN-KESENJANGAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Kesesuaian Bidang Ilmu)
RossantoDH_KesesuaianBidangIlmu-25.pdf

Download (451kB)
Official URL: https://bppkibandung.id/index.php/jpk/article/view...

Abstract

Kesenjangan spasial telah menjadi salah satu tantangan terbesar di negara-negara berkembang. Namun, relatif sedikit penelitian yang meneliti mekanisme ketimpangan spasial yang menjelaskan kesenjangan digital. Di tengah banyaknya usaha ritel yang tutup dan isu daya beli masyarakat yang lesu, usaha e-commerce mampu bertahan. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai karakteristik sosial ekonomi yang membentuk keputusan individu untuk mengadopsi internet, e-commerce, dan e-banking dari sisi rumah tangga sebagai salah satu pelaku perekonomian. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis deskriptif dan regresi logistik dengan data utama dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2017. Selain itu, data Potensi Desa (PODES) dan data Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Gini, dan persentase kemiskinan dari Badan Pusat Statistik (BPS) juga digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian dengan menggunakan regresi logistik menunjukkan bahwa individu yang memiliki peluang lebih besar untuk menjadi pengguna internet, e-commerce, dan e-banking memiliki karakteristik berusia muda, lulusan perguruan tinggi, memiliki ponsel, menggunakan komputer, bekerja, pengeluaran perkapita tinggi, serta tinggal di daerah perkotaan dan memiliki infrastruktur telekomunikasi yang memadai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: karakteristik; kesenjangan spasial; internet; e-commerce; e-banking
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HG Finance
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Abrar, -NIM041814453017
Rossanto Dwi Handoyo, -NIDN0024087602
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 24 Aug 2022 05:13
Last Modified: 19 Oct 2022 03:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/117676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item