Elsa Carla Azizi, -
(2020)
Pengaruh Substitusi Tempe Dan Penambahan Puree Wortel Terhadap Da Ya Terima, Nilai Gizi Dan Nilai Ekonomi Sosis Untuk Jajanan Anak Sekolah.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi tempe dan penambahan puree wortel terhadap daya terima yang meliputi warna, aroma, rasa dan kekenyalan, kandungan gizi meliputi energy, protein, lemak, karbohidrat, air, serat, betakaroten dan vitamin A serta nilai ekonomi sosis untuk jajanan anak sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Data hasil uji organoleptik dianalisis secara statistik menggunakan uji non-parametrik Friedman dan dilanjutkan dengan uji Wilcoxon dengan a = 0,05. Penentuan formula terbaik diambil dari nilai rata-rata tertinggi dari keseluruhan daya terima sosis tempe wortel. Data hasil uji laboratorium untuk kandungan gizi dianalisis dengan ANA V A tunggal dan dilanjutkan dengan uji Duncan jika pedakuan berpengaruh terhadap parameter tertentu. Substitusi tempe dan penambahan puree wortel berpengaruh terhadap rasa dan aroma sosis, tetapi tidak berpengaruh terhadap warna dan kekenyalan sosis. Substitusi tempe dan penambahan puree wortel berpengarub terhadap kandungan seluruh parameter gizi yang dianalisa. Substitusi tempe dan penambahan puree wortel berpengaruh terhadap nilai ekonomi produk sosis. Produk sosis terbaik berdasarkan daya terima panelis adalah formula Fl . Produk sosis terbaik berdasarkan kandungan zat gizi adalah formula Fl dengan kadar protein per 100 gram sosis sebesar l6.62±0.45 gram dan mampu memenuhi 33,24% dari kebutuhan protein pada AKG anak usia 10-12 tahun. Sosis formulasi ini layak sebagai usaha dengan Break Event Point Rp 9.495,25 untuk 1 porsi dan Pay Back Periode (PBP) 18,8 bulan. Perbaikan rasa dan aroma perlu dilakukan karena masih munculnya sedikit rasa dan aroma tempe, yang dapat dilakukan dengan jalan mengukus tempe kurang lebih selama 20 menit agar dapat mengurangi rasa dan aroma langu dari tempe.
Actions (login required)
|
View Item |