ANALISIS PERILAKU DAN KELUHAN IRITASI KULIT PADA PENGGUNA PEMANDIAN UMUM DI KABUPATEN TUBAN

EVA ROSDIANA DEWI, - (2020) ANALISIS PERILAKU DAN KELUHAN IRITASI KULIT PADA PENGGUNA PEMANDIAN UMUM DI KABUPATEN TUBAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
KKC KK FKM.39_21 DEE A.pdf

Download (43MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan saran a rekreasi air berpotensi menjadi media penularan mikroorganisme patogen melalui perantara air karena terdapat banyak orang yang berendam dalam satu tempat, akan menambah kontaminasi air dari perenang itu sendiri dan selanjutnya memperbesar penularan penyakit secara person-to-person. Penelitian fil dilakukan untuk mengetahui dan mengidentifikasi perilaku pengguna yang dapat menjadi faktor risiko keluhan iritasi kuJjt pada pengguna pemandian umum. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Peneliti menggunakan kuesioner online yang disebarkan menggunakan media sosial, diperoleh 97 pengguna pemandian umum secara accidental sampling sebagai pengguna empat pemandian umum yang ada di Kabupaten Tuban yaitu Pemandian Bektiharjo, Sumber Silowo, Sendang Maibit, dan Sendang Beron. Pemandian Bektiharjo merupakan pemandian umum dengan responden terbanyak pada penelitian ini, dilakukan observasi dan wawancara pada petugas pemandian umum untuk memperoleh data terkait kondisi pemandian umum, fasilitas sanitasi, cara menjaga kualitas air, dan pengawasan operasional pemandian umum. Variabel bebas penelitian adalah karakteristik pengguna dan perilaku pengguna pemandian umum. Variabel terikat penelitian ini adalah keluhan ritasi kulit yang dirasakan oleh pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna berusia dewasa dan sebagian besar beljenis kelamin laki-laki. Selain itu, sebagaian besar pengguna menggunakan pemandian umum 1 x dalam 1 tahun dengan durasi waktu berenang 1-2 jam. Pengguna pemandian umum sebagian besar tidak memakai APD. Personal hygiene keempat pengguna pemandian umum termasuk dalam kategori baik sedangkan kebiasaan tidak higienis termasuk dalam kategori baik artinya sedikit pengguna pemandian umum yang memiliki kebiasaan tidak higienis. Sanitasi Pemandian Bektiharjo belum memiliki tempat sampah, sabun cuci tangan di kamar mandi, lampu genset, dan drinking water fountain. Keluhan iritasi kulit yang dirasakan pengguna adalah kulit kering ataU bersisik setelah menggunakan kolam pemandian umum. Kesimpulan dari penelitian ini faktor risiko yang dapat mempengaruhi keluhan iritasi kulit pada pengguna pemandian umum adalah pemakaian APD (sun block dan baju renang). Sanitasi pemandian umum perlu diperhatikan. Oleh karena itu dapat dilakukan pencegahan dari diri pengguna pemandian umum dengan memakai APD dan pengelola melakukan monitoring kualitas air dan meningkatkan kondisi sanitasi pemandian umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.39_21 DEE A
Uncontrolled Keywords: Keluhan iritasi kulit, pemandian umum, perilaku
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
EVA ROSDIANA DEWI, -NIM101611133090
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDRetno Adriyani, -NIDN0709067501
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:56
Last Modified: 12 Dec 2022 00:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/118370
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item