Evaluasi Kebijakan Kesehatan Ibu Dan Anak (Studi Evaluasi Policy Output dan Policy Outcome Program Expanding Maternal and Neonatal Survival (EMAS) di Kabupaten Sidoarjo)

Nurul Jamila Hariani (2017) Evaluasi Kebijakan Kesehatan Ibu Dan Anak (Studi Evaluasi Policy Output dan Policy Outcome Program Expanding Maternal and Neonatal Survival (EMAS) di Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (780kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FIS AN 53_17 Har e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevsluasi kinerja (policy output dan policy outcome) serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja program Expanding Maternal and Neona/al Survival (EMAS) di Kahupaten Sidoarjo. Program EMAS merupakan pilot project pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan USA ID harapannya program ini dapat dijalankan oleh daerah secara mandiri. Sidoarjo merupakan salah satu daerah intervensi program EMAS di Jawa Timur yang terpilih menjadi kabupaten percontohan. Namun setalah program ini berakhir Kabupaten Sidoarjo tidak melanjutkan program ini. Sebagai kabupaten percontohan, seharusnya Kabupaten Sidoarjo sudah meneruskan program dari kementerian ini menjadi sebuah kebijakan berkelanjutan. Oleh karcna itu diperlukan evaluasi capaian program untuk mengatahui sejauh mana program ini dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, serta memanfaatkan hasil dokumenter. Pemilihan informan dilakukan dengan metode purposil'e kemudian dilanjutkan dengan snowball. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa kinerja Program EMAS di Kabupaten Sidoarjo sudah cukup baik. Hal ini dikarenakan dari tujuh indikator policy output (akses, bias, cakupan, frekuensi, ketepatan layanan, akuntabilitas, kesesuaian program dengan kebutuhan), enam diantaranya telah tercapai. Sedangkan satu indikator yakni cakupan belum tercapai. Dari segi policy outcome (initial outcome, intermediate ou/come dan long•term outcome), semua outcome telah tercapai. Sedangkan faktor•faktor yang paling mempengaruhi kinerja program EMAS adalah sumberdaya, disposisi dan komunikasi anlar organisasi dan aktivitas pelaksana. Penelitian ini merekomendasikan kepada pemerintah Kabupaten Sidoarjo melanjutkan pilot project EMAS dengan menggunakan sumber dana finansial yang mandiri. Meski AKI dan AKB belum menurun secara signifikan dalam 5 tahun terakhir, namun outcome yang dihasilkan dari program ini dapat meningkatkan partisiasi masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK -2 FIS AN 53/17 Har e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kinerja, Program EMAS, Kebijakan Pelayanan Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Jamila Hariani07131 1133045
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorGitadi Tegas SupramudYQ195903061986011001
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:33
Last Modified: 27 Oct 2022 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/118399
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item