Strategi Konten dan Keterlibatan Anggota Komunitas Merek di Media Sosial Facebook (Studi pada Hotel Bintang Lima di Surabaya)

Masmira Kurniawati, - (2015) Strategi Konten dan Keterlibatan Anggota Komunitas Merek di Media Sosial Facebook (Studi pada Hotel Bintang Lima di Surabaya). In: Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia (FMI) 7, 10-12 November 2015, Jakarta, Indonesia.

[img] Text (Artikel)
T501_MamiraK_Artikel_FMI2015.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://fmi.or.id/downloads/

Abstract

Komunitas merek merupakan sebuah fenomena yang apabila dapat dimanfaatkan oleh perusahaan secara optimal dapat berkontribusi pada kinerja perusahaan. Seiring berkembangnya teknologi internet, maka komunitas merek dapat terbentuk tidak saja secara offline namun juga di dunia maya melalui berbagai media sosial. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mengelola dengan baik konten/pesan yang ditampilkannya di media sosial sehingga dapat membentuk keterlibatan anggota komunitas secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara strategi konten yang digunakan oleh perusahaan di pada komunitas merek virtualnya dengan keterlibatan anggota komunitas. Perusahaan yang dipilih dalam penelitian ini adalah hotel bintang lima di Surabaya karena Surabaya saat ini tengah mengembangkan industri pariwisatanya sehingga hotel berperan sangat penting dalam mensukseskan program tersebut, terutama yang berhubungan dengan tipe pariwisata MICE. Media sosial yang dipilih dalam penelitian ini adalah Facebook karena merupakan media yang memiliki pertumbuhan yang tinggi hingga saat ini dan Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah pengguna Facebook keempat terbanyak di dunia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis konten. Implikasi bagi pemasar akan disampaikan sesuai dengan hasil analisis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: komunitas merek, keterlibatan konsumen, media sosial
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Masmira Kurniawati, -NIDN0025037507
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 09 Nov 2022 11:41
Last Modified: 09 Nov 2022 11:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/118554
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item