Hambatan Kerusakan Tulang Alveolar Pada Penderita Periodontitis Kronis Dengan Diabetes Mellitus Tipe II Melalui Latihan Fisik Aerobik

Achmad Chasina Aula, - (2021) Hambatan Kerusakan Tulang Alveolar Pada Penderita Periodontitis Kronis Dengan Diabetes Mellitus Tipe II Melalui Latihan Fisik Aerobik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KKA KK KG 144-21 Ach h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Betakang: Periodontitis dan Diabetes Mellitus merupakan penyakit yang memiliki keterkaitan satu sama lain, sitokin inflamasi pada periodontitis dapat merusak kontrol glikemik dan memicu terhadap resistensi insulin pada DM. Sedangkan hiperglikemia pada DM dapat mempercepat terjadinya destruksi tulang alveolar sehingga mampu menyebabkan periodontitis. Pada fase inflamasi periodontitis bakteri gram negatif akan melepaskan zat LPS, LPS akan berikatan dengan TLR yang menginduksi keadaan hipoksia. Keadaan ini memicu pelepasan mediator inflamasi seperti IL-1 B dan TNF alfa yang akan menginduksi PGE2 dan MMP yang dapat memicu aktivitas osteoklas sehingga menyebabkan destruksi tulang alveolar pada periodontitis. Latihan fisik aerobik merupakan altematifuntuk meringankan respon inflamasi. Jenis latihan ini berkontribusi terhadap oksigenasi jaringan dengan peningkatan V02. Tujuan: Menjelaskan bahwa kerusakan tulang alveolar pada periodontitis kronis dengan diabetes mellitus tipe II dapat dihambat melalui latihan fisik aerobik. Metode: Desain penulisan menggunakan narrative review. Penulis melakukan pencarian melalui database jurnal ilmiah (Google scholar, pubmed, remotex id.unair, dan science direct). Kemudian penulis melakukan screening dengan membaca judul dan abstrak yang sesuai dengan topik review, kemudian penulis melakukan seleksi full text article dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Pencarian dibatasi pada artikel Bahasa Indonesia dan Inggris dengan penerbitan mulai tahun 2010 hingga 2020. Hasa: Studi literature ini didapatkan 4 artikel yang sesuai dengan inidusi dan eksklusi. Dari tinjauan artikel ini diketahui bahwa latihan fisik aerobik mampu menghambat kerusakan tulang alveolar pada periodontitis dengan diabetes mellitus tipe II. Simpulan: Kerusakan tulang alveolar pada periodontitis kronis dengan diabetes mellitus tipe II dapat dihambat melalui latihan fisik aerobik. Latihan fisik aerobik mampu meningkatkan oksigenasi jaringan yang berkontribusi terhadap penurunan sitokin pro inflamasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 144-21 Ach h
Uncontrolled Keywords: Periodontitis kronis, latihan fisik aerobik, Diabetes Mellitus, TNF alfa.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Dental Material
Creators:
CreatorsNIM
Achmad Chasina Aula, -NIM021711133154
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorTantiana, -NIDN0006066007
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 09 Nov 2022 12:20
Last Modified: 09 Nov 2022 12:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/118577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item