Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Kinerja Keuangan, Dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Nilai Perusahaan

Muhammad Teguh Kombih, - and Novrys Suhardianto, - (2017) Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Kinerja Keuangan, Dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Nilai Perusahaan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 1 (3). pp. 281-302. ISSN pISSN 2548-298X, eISSN 2548-5024

[img] Text (Artikel)
NovrysS_Karil010_Pengaruh-Aktivitas.pdf

Download (315kB)
[img] Text (Similarity Test)
Novrys_Similarity10_Pengaruh-Aktivitas.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Kualitas Karil)
Novrys_KualitasKaril-10.pdf

Download (545kB)
Official URL: https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/vie...

Abstract

Industri barang konsumen berfokus pada kebutuhan sehari-hari konsumen, yang menyebabkan tingkat kompetisi antar perusahaan dalam industri ini menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu, perusahaan harus meningkatkan modal merek melalui kegiatan pemasaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran terhadap nilai perusahaan sebagai tambahan dari ukuran akuntansi fundamental. Penelitian ini berhipotesis bahwa aktivitas pemasaran, profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan aset tidak berwujud menentukan nilai perusahaan yang diukur dengan Tobins’ q. Sampel yang digunakan adalah perusahaan barang konsumen diperoleh dari bursa efek Indonesia selama periode 2012-2014. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dan analisis data panel untuk mengevaluasi beberapa model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran, profitabilitas, dan solvabilitas akan meningkatkan nilai perusahaan. Di sisi lain, likuiditas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, namun demikian, aset tidak berwujud tidak berkontribusi dalam membentuk nilai perusahaan dalam beberapa model yang diuji. Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa aktivitas pemasaran memiliki manfaat ekonomi dalam menciptakan nilai perusahaan kendati selalu dibebankan pada saat terjadi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aktivitas pemasaran, aset tidak berwujud, fundamental akuntansi, nilai perusahaan, industri kompetitif
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Teguh Kombih, -UNSPECIFIED
Novrys Suhardianto, -NIDN0021058303
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 14 Nov 2022 00:21
Last Modified: 14 Nov 2022 00:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/118605
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item