Value Relevance dalam Informasi Dividen dan Kepemilikan Manajerial yang Membentuk Kinerja Pasar

Pujiono (2009) Value Relevance dalam Informasi Dividen dan Kepemilikan Manajerial yang Membentuk Kinerja Pasar. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK DIS.E.12_10 Puj v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi akuntansi merupakan salah satu alat yang dianggap mempunyai relevansi nilai (value relevance) oleh investor dalam pembuatan keputusan ekonomis, kredit, dan keputusan lain yang sesuai. Keputusan ekonomi bisa dilakukan oleh pengguna sewaktu-waktu, pada waktu ex-dividend day atau tergantung dari kebutuhan investor. Keputusan ekonomi investor bisa tergantung oleh waktu dan kemampuan (kecanggihan) investor itu sendiri. Informasi akuntansi dapat digunakan untuk menilai kinerja dan akuntabilitas manajemen dalam menjalankan operasi perusahaan. Dalam praktiknya, manajemen ada yang mempunyai sebagian saham perusahaan yang dikenal dengan istilah kepemilikan manajerial. Kepemilikan manajerial akan berimplikasi kepada kinerja keuangan perusahaan, kebijakan dividen, serta secara tidak langsung akan mempengaruhi perilaku para investor di pasar modal. Selain itu faktor kebijakan dividen juga bisa dipengaruhi oleh dividen masa lalu. Keberadaan kepemilikan manajerial akan mendorong investor untuk lebih berhati-hati. Oleh karena itu, dalam tata kelola perusahaan dan sistem pelaporan keuangan mengenai proporsi kepemilikan manajerial diungkapkan dalam laporan keuangan perusahaan. Kepemilikan manajerial bisa saja mendorong perilaku yang baik atau buruk. Perilaku yang baik bisa menyebabkan kinerja perusahaan menjadi lebih baik, namun sebaliknya perilaku yang oportunistik akan mendorong manajemen lebih diuntungkan. Dengan adanya informasi akuntansi diharapkan dapat membantu investor untuk berhati-hati dalam membuat keputusan ekonomi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa histori dividen kas dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap dividen kas tahun berjalan. Begitupula, kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap return on investment, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap economic value added. Histori dividen kas, dividen kas tahun berjalan dan return on investment tidak berpengaruh signifikan terhadap return rata-rata, akan tetapi economic value added berpengaruh signifikan terhadap return rata-rata.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK DIS.E. 12/10 Puj v
Uncontrolled Keywords: Teori Relevansi Nilai, Pendekatan Kegunaan Keputusan, Pensinyalan Teori, Teori Agensi, Konsep Tata Kelola Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
PujionoNIM090315249 D
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorArsono LaksmanaNIDN9900981424
ContributorParwoto Wignjohartojo-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Nov 2022 10:33
Last Modified: 15 Nov 2022 10:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/118676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item