Penerapan Program Sepuluh Langkah Kesehatan untuk Peningkatan Pemberian ASI Eksklusif: Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product)

Novianti Indah Fatmawati, - and Thinni Nurul Rochmah, - and Anis Wulandari, - and Andini Pramono, - (2021) Penerapan Program Sepuluh Langkah Kesehatan untuk Peningkatan Pemberian ASI Eksklusif: Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6 (3). pp. 501-508. ISSN 2502-9495

[img] Text (Turnitin)
Turnitin_C19.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Corresponding)
Corresponding_C19.pdf

Download (395kB)
[img] Text (Full Text)
Jurnal_C19.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Kesesuaian Bidang Ilmu)
19_KARILDAN_B.pdf

Download (81kB)
Official URL: https://aisyah.journalpress.id/index.php/jika/inde...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sepuluh langkah keberhasilan implementasi kebijakan ASI sebagai dasar untuk meningkatkan pencapaian praktik ASI eksklusif di Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Ada tujuh Puskesmas rawat inap yang terlibat dalam penelitian ini. Responden dalam penelitian ini adalah kepala atau staf puskesmas (7 orang) dan seluruh bidan (94 orang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan evaluasi konteks, berupa tujuan pelaksanaan kebijakan tercapai 77,6%. Evaluasi masukan menunjukkan bahwa sarana dan prasarana serta dukungan tenaga kesehatan kurang memadai, hanya tercapai 56,4%. Berdasarkan hasil evaluasi proses, Puskesmas belum melakukan perumusan kebijakan dan pembentukan kelompok pendukung ASI, sehingga capaiannya hanya 73,9%. Evaluasi produk, pemberian ASI eksklusif menurun pada tahun 2018 dan tertinggal dari tren selama empat tahun terakhir. Target rencana strategis yang disusun oleh pemerintah daerah belum terpenuhi. Kesimpulan: kebijakan sepuluh langkah keberhasilan menyusui di Puskesmas rawat inap belum terlaksana dengan baik. Disarankan agar pemerintah daerah menyusun regulasi tentang ASI eksklusif. Dinas Kesehatan Kabupaten hendaknya mensosialisasikan kesepuluh langkah sukses menyusui dan memasukkannya ke dalam elemen penilaian dalam akreditasi Puskesmas. Selain itu, dibutuhkan pembentukan kelompok KP-ASI di masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CIPP evaluation Primary healthcare Ten steps to successful breast feeding
Subjects: R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Novianti Indah Fatmawati, --
Thinni Nurul Rochmah, -NIDN0011026501
Anis Wulandari, --
Andini Pramono, --
Depositing User: Tn Chusnul Chuluq
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:57
Last Modified: 17 Nov 2022 07:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/118687
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item