Motivasi Peran Pengusaha Muslim Sebagai Shahibul Maal Bagi Penghimpunan Dana Dan Pemberdayaan BMT Muda Surabaya

Alifah Aditania, - and Sri Herianingrum, - (2021) Motivasi Peran Pengusaha Muslim Sebagai Shahibul Maal Bagi Penghimpunan Dana Dan Pemberdayaan BMT Muda Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 8 (3). pp. 363-373. ISSN pISSN : 2407-1935, eISSN: 2502-1508

[img] Text (Artikel)
SriHerianingrum_Artikel420_Motivasi-Peran-Pengusaha.pdf

Download (233kB)
[img] Text (Similarity Test)
SriHerianingrum_Similarity420_Motivasi-Peran-Pengusaha.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Kualitas Karil)
SriHerianingrum_KualitasKaril420.pdf

Download (626kB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/JESTT/article/view/2...

Abstract

Masalah kemiskinan di Indonesia menjadikan ekonomi islam ikut serta dalam memperhatikan cara menanggulangi masalah tersebut. Baitul Maal wat Tamwil (BMT) sebagai lembaga keuangan mikro syariah didirikan untuk menjembatani orang-orang yang memiliki harta berlebih dengan orang-orang yang kekurangan harta. BMT Muda Surabaya hadir dengan beberapa unit pembiayaan yang beroperasi melalui dana yang dihimpun dari shahibul maal. Penelitian ini fokus melihat peran pengusaha muslim sebagai shahibul maal. Tujuan dari penelitian ini merupakan pengetahuan motivasi dari pengusaha muslim sebagai shahibul maal tersebut dan juga peran BMT Muda Surabaya dalam mempertahankan serta meningkatkan penghimpunan dana kepada pengusaha muslim sebagai shahibul maal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus. Data yang dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumen, serta validasi data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif penghimpunan dana kepada pengusaha muslim sehubungan dengan jalinan tali silaturahmi yang baik antara BMT Muda dengan shahibul maal tersebut, sehingga dapat menimbulkan minat pengusaha muslim untuk meletakkan sebagian dananya di BMT Muda Surabaya. Pertahanan dan peningkatan penghimpunan dana yang harus dilakukan dengan meningkatkan seluruh komponen pada faktor-faktor yang menjadi penunjang minat pengusaha muslim seperti kepercayaan, kelembagaan, sumber daya manusia, keuntungan, religiusitas, dan spiritualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengusaha muslim, shahibul maal, Penghimpunan dana, BMT Muda Surabaya, Motivasi.
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
Alifah Aditania, -UNSPECIFIED
Sri Herianingrum, -NIDN0007026907
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 03 Dec 2022 02:58
Last Modified: 03 Dec 2022 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119023
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item