The Role of Religious Institutions in Promoting Social Welfare in Indonesia

Hariawan Adji (2021) The Role of Religious Institutions in Promoting Social Welfare in Indonesia. Jurnal Mozaik Humaniora, 21 (2). pp. 169-177. ISSN 2442-935x

[img] Text (FULLTEXT)
The Role of Religious Institutions FULLTEXT.pdf

Download (326kB)
[img] Text (PEER REVIEW)
The Role of Religious Institutions PEER REVIEW.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/MOZAIK/article/view/...

Abstract

Tulisan ini membahas agama dari sudut pandang antropologi sosial. Ajaran agama tidak dilihat sebagai sesuatu yang sakral dan transenden, melainkan sesuatu yang duniawi dan imanen sebagai sumber motif pengikutnya, sedangkan lembaga agama dilihat sebagai lembaga sosial yang berinspirasikan agama yang memiliki peran dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan di mana data dikumpulkan dari observasi partisipatif dan wawancara. Studi kepustakaan juga dilakukan, selain untuk mengumpulkan tambahan informasi, juga untuk mengecek kebenaran data lapangan. Hasil penelitian menemukan bahwa karena sifatnya ini, dalam memajukan kesejahteraan sosial, agama melalui ajaran dan institusinya bekerja pada dua tingkatan: tingkat spiritual dan praktis. Meskipun makalah ini menggunakan Gereja Katolik Indonesia sebagai contoh, lembaga keagamaan lain mungkin memiliki program serupa untuk berpartisipasi dalam proses menjadikan dunia tempat yang nyaman untuk dihuni oleh semua orang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: agama, ajaran agama, lembaga keagamaan, kesejahteraan sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1-50 Religion (General)
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM826 Social institutions
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Hariawan AdjiNIDN0011106906
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:41
Last Modified: 08 Dec 2022 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item