Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Dokumentasi Keperawatan: A Systematic Review

Sholihin, - and Tintin Sukartini, - and Aria Aulia Nastiti, - and - (2020) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Dokumentasi Keperawatan: A Systematic Review. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11 (3). pp. 222-227. ISSN 2086-3098 , 2502-7778

[img] Text (Artikel)
Artikel.pdf

Download (116kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review.pdf

Download (777kB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf

Download (1MB)
Official URL: file:///C:/Users/HP/Downloads/Faktor-Faktor%20yang...

Abstract

Dokumentasi keperawatan merupakan bagian terpenting pada profesi keperawatan, menyediakan komunikasi secara terstruktur, konsisten dan efektif untuk memberikan pelayanan yang berkualitas pada pasien berdasarkan standar profesional dan legal. Tujuan: Untuk mengidentifikasi bukti ilmiah tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas dokumentasi keperawatan. Metode: Systematic review ini disusun berdasarkan studi literatur dari berbagai data base jurnal pada 5 tahun terakhir, meliputi Scopus, Science Direct, Proquest, dan Google scholar dengan melakukan review secara komprehensif menggunakan pedoman PRISMA. Kata kunci yang digunakan "nursing documentation" OR "Standard Nursing Language" OR "quality of nursing documentation" AND "Quality Diagnosis Intervention Outcome". Artikel yang digunakan untuk menyusun systematic review ini berjumlah 13 artikel original pada. Hasil: Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas dokumentasi adalah tingkat pengetahuan, kemampuan, fasilitas, rasio pasien dan perawat, iklim tempat kerja, model kepemimpinan dan organisasi, pelatihan standar proses keperawatan, standar bahasa keperawatan dan akreditasi. Kesimpulan: Kualitas dokumentasi meningkat apabila faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut ditingkatkan dan diperbaiki. Saran: Systematic review ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan dokumentasi keperawatan di Rumah Sakit dengan tujuan menghasilkan dokumentasi keperawatan yang berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dokumentasi keperawatan; kualitas
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Departemen Keperawatan Dasar, Kritis dan Medikal Bedah > Keperawatan Medikal Bedah (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Sholihin, -NIM131814153039
Tintin Sukartini, -NIDN0017127202
Aria Aulia Nastiti, --
--
Depositing User: Eko Kuswanto
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:56
Last Modified: 08 Dec 2022 04:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119140
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item